PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), NET INTEREST MARGIN (NIM), DAN LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR) TERHADAP RETURN ON ASSETS (ROA)

Hani Fitria Rahmani, Sumarsid Sumarsid

Sari


Perbankan mempunyai peranan penting dalam membangun perekonomian suatu negara. Kemajuan perekonomian suatu negara dapat diukur dari kemajuan perbankan di negara tersebut Kinerja keuangan bank yang berbeda-beda menunjukan kemampuan bank yang berbeda-beda pula dalam mengelola keungannya. Salah satu indikator yang paling tepat untuk mengukur kinerja keuangan suatu perusahaan adalah dengan menggunakn rasio keuangan. Penelitian ini dilakukan pada PT Bank Central Asia (BCA) tahun 2002-2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan cross sectional method. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data sekunder. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini diperoleh hasil H0 ditolak Hi diterima artinya bahwa dengan tingkat kepercayaan 95% dapat disimpulkan secara keseluruhan variabel  Capital Adequacy Ratio (CAR) (X1), Net Interest Margin (NIM) (X2), Loan to Deposit Ratio (LDR) (X3) mempunyai pengaruh terhadap variabel RETURN ON ASSETS (ROA) (Y) sebesar 73,5% sedangkan sisanya sebesar 26,5 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.    Kata kunci : Capital Adequacy Ratio (CAR), Net Interest Margin (NIM), Loan to Deposit Ratio (LDR), RETURN ON ASSETS (ROA)

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bambang Riyanto, 2010. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi ke 4. Yogyakarta:BPPE. Kasmir, 2008. Analisis Laporan Keuaangan. Jakarta:Rajawali Pers. Kasmir, 2013. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, edisi revisi, Cetakan 12. Jakarta:Rajawali Pers. Munawir, 2010. Analisis Laporan Keuangan, Edisi ke 4. Yogyakarta:Liberty. Sofyan Syafri Harahap, 2011. Teori Akuntansi. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Taswan, 2010. Manajemen Perbankan Konsep, Teknik, dan Aplikasi, Edisi ke 2. Yogyakarta:UPP STIM YKPN




DOI: https://doi.org/10.35968/.v3i1.191

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: