Pengaruh Penggunaan E-Commerce Dan E-Wallet Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM “Corndog Bunda” Di Jakarta Timur
DOI:
https://doi.org/10.35968/jbau.v10i2.1488Keywords:
E-commerce, E-wallet, Pendapatan, UMKMAbstract
Perilaku konsumen yang juga semakin berubah seiring dengan perkembangan yang terjadi dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha khususnya disini UMKM “Corndog Bunda” untuk mendapatkan kenaikan pendapatan. UMKM "Corndog Bunda" adalah salah satu usaha makanan yang terletak di Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan wawancara kepada pemilik UMKM "Corndog Bunda" sebelum dan sesudah adopsi e-commerce dan e-wallet. Data diperoleh melalui wawancara mengenai pengalaman yang dirasakan oleh pemilik UMKM “Corndog Bunda”. Dari hasil wawancara dan pengelompokkan pertanyaan menunjukkan bahwa adopsi e-commerce dan e-wallet secara signifikan berkontribusi pada peningkatan volume penjualan dan pendapatan UMKM "Corndog Bunda". Kemudahan akses bagi konsumen melalui platform e-commerce dan efisiensi transaksi pembayaran non-tunai melalui e-wallet terbukti mampu menarik lebih banyak pelanggan dan memangkas biaya operasional tertentu. Dibantu dengan pemasaran melalui media sosial yang akhirnya juga menarik banyak pelanggan untuk mengenal dan mencoba “Corndog Bunda”. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan mengenai potensi transformasi digital bagi UMKM kuliner di Jakarta Timur, serta menjadi referensi bagi pelaku UMKM lain untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam mengembangkan bisnis mereka.References
Alifia, N., Permana, E., & Harnovinsah. (2024). Analisis Penggunaan Qris Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 61-68.
Aliyah, A. H. (2022). Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Ilmu Ekonomi, 64-72.
Amatullah, W. A. (2023). Analisis Penjualan Online dalam Transaksi E-Commerce pada Perspektif Etika Bisnis Syariah. JIEIG (Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam dan General), 412-419.
Antara, I. S., & Wenagama, I. (2023). ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN UMKM SEKTOR PERDAGANGAN STUDI KASUS TOKO KELONTONG DI DENPASAR SELATAN. E-Jurnal EP Unud, 843-864.
Ardiansari, A. (2022). PENGARUH ADANYA SISTEM PENJUALAN ONLINE TERHADAP PASAR TRADISIONAL BENOWO SURABAYA. Jurnal Mitra Manajemen (JMM Online), 210-219.
Baroroh, N., Yanto, H., Fajarini, I., Pertiwi, M. I., Ningrum, M. W., & Lestari, T. D. (2024). PEMBERDAYAAN UMKM DI ERA DIGITAL: PENGELOLAAN TOKO ONLINE DAN PEMASARAN EFEKTIF MENGGUNAKAN PONSEL DARI RUMAH. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat 2024, 255-256.
Binus University. (2022, December 14). Social Exchange Theory (Teori Pertukaran Sosial) – The Introduction. Retrieved from Binus University: https://binus.ac.id/malang/public-relations/2022/12/14/social-exchange-theory-teori-pertukaran-sosial-the-introduction/#:~:text=Teori%20Pertukaran%20Sosial%20adalah%20pendekatan,mendapatkan%20manfaat%20dan%20menghindari%20kerugian.
Budi, A. S., & Tarmizi, R. (2022). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) . Jurnal Online Insan Akuntan, 51-60.
Cipta, H. (2022). PENGARUH PENJUALAN ONLINE TERHADAP TINGKAT PENJUALAN PADA TOKO VENTELA BORNEO PANGKALAN BUN. Magenta, 29-36.
Dewi, Y. P., Prawitama, R. A., Firdaus, M. F., & Perdana, R. B. (2021). PENJUALAN ONLINE MELALUI WEBSITE E-COMMERCE BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SISTEM PADA TOKO DETAK ORIGINAL. JIKI (Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika), 134-140.
Diva, M., & Anshori, M. I. (2024). Penggunaan E-Wallet Sebagai Inovasi Transaksi Digital: Literatur Review. Multiple: Jurnal Of Global and Multidisciplinary, 1991-2002.
Haholongan, R., Antaty, S. N., Yan, S. K., Azzahra, J. P., Zahra, J. A., Dasura, A., & Pratama, R. A. (2024). Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Pada UMKM Di Pulogadung. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 6073-6082.
Hapsari, Y. A., Apriyanti, P., Hermiyanto, A., & Rozi, F. (2024). Analisa Peran UMKM Terhadap Perkembangan Ekonomi di Indonesia. Jurnal Manajemen dan Ekonomi Kreatif, 53-62.
Juhana, D., Komara, A. T., Sidharta, D., & Suzanto, B. (2024). Pengantar E-Commerce dan Platform Digital. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Juliantari, H. I., Nur'aini, Ariani, Z., Dewi, N. Y., Agustina, A., & Hidayanti, N. (2024). Analisis Pengaruh E-Commerce: Studi Literatur Terhadap Pertumbuhan Ekonomi UMKM. Seminar Nasional Paedagoria, 585-596.
Kamil, I., & Miranda, T. (2024). LITERATURE REVIEW PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP UMKM PADA ERA NEW NORMAL. JEDBUS (Journal of Economic and Digital Business), 35-43.
Karina, M. E., Kuswanti, K., Aprianti, S., & Sari, D. P. (2023). PENGENALAN E-COMMERCE DALAM UPAYA PENGEMBANGAN UMKM DESA KAMPAI SELUMA. Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS, 18-22.
Krismajayanti, N. A., Nurmalasari, M. R., Prawitasari, P. P., Dewiningrat, A. I., Megawati, I. A., Kusnita, K. L., & Sanjiwani, P. D. (2024). Tren Revolusioner: Bagaimana E-Wallet Mengubah Konsumen di Era Modern? JOURNAL OF ISLAMIC BUSINESS MANAGEMENT STUDIES, 41-51.
Limanseto, H. (2021). Pemerintah Dorong Digitalisasi UMKM hingga Pemerintah Daerah. Webinar bertema “Percepatan Digital Ekonomi dan Keuangan Indonesia di Masa Pandemi”. Jakarta: Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia.
M. Junaidi. (2024, November 4). UMKM Hebat, Perekonomian Nasional Meningkat. Retrieved from djpb.kemenkeu.go.id: https://djpb.kemenkeu.go.id/kppn/curup/id/data-publikasi/artikel/2885-umkm-hebat,-perekonomian-nasional-meningkat.html#:~:text=UMKM%20merupakan%20salah%20satu%20pilar,senilai%208.573%2C89%20triliun%20rupiah.
Mahmud, Natalia, D., Sutomo, A., & Amal. (2025). Pengaruh E-Wallet terhadap Perilaku Konsumen dan Keberlanjutan Keuangan UMKM di Pasar Tradisional Daya Kota Makassar. YUME : Journal of Management, 803-808.
Mardalita, S., Munawarah, & Buhasyim, M. A. (2025). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Dan Pembayaran Digital (E-Wallet) Terhadap Peningkatan Omset UMKM (Studi pada UMKM Kecamatan Tanete Riattang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA), 293-306.
Masela, A. D., Nathanael, J., & Marchelyta, N. (2022). Penggunaan E-Wallet sebagai Kemajuan Teknologi Digital dalam Menentukan Preferensi Masyarakat di Surabaya. Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS), 784-790.
Mulyana, A., Vidiati, C., Danarahmanto, P. A., Agussalim, A., Apriani, W., Fiansi, . . . Martono, S. M. (2024). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Widina Media Utama.
Putra, V. D., Siregar, I. W., & Harsono, K. (2024). Analisis Bibliometrik E-Commerce Dalam Bidang Akuntansi. JCA, 107-121.
Rezeki, S. (2024). Pengaruh Promosi Penjualan dan Persediaan Terhadap Volume Penjualan Pada PT Kingled Indonesia. Senashtek 2024.
Saputro, R. J., Winarni, D., & Tutupoho, R. R. (2023). Analisis Penggunaan Aplikasi Dompet Digital di UMKM Kota Depok. JAProf: Jurnal Administrasi Profesional, 57-64.
Suryanti, E., Lesmana, H., & Mubarok, H. (2021). Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Pendapatan UMKM (Studi Kasus pada UMKM MITA). PERMANA: Jurnal Perpajakan, Manajemen dan Akuntansi, 60-72.
Suryanto, D. (2023). Mengenal Dompet Digital Di Indonesia. Serang: CV. AA RIZKY.
Tambunan, C. R. (2023, June 27). Kontribusi UMKM dalam Perekonomian Indonesia. Retrieved from djpb.kemenkeu.go.id: https://djpb.kemenkeu.go.id/kppn/lubuksikaping/id/data-publikasi/artikel/3134-kontribusi-umkm-dalam-perekonomian-indonesia.html
Titasari, H. I. (2023). Pengaruh E-Commerce dan Digital Payment terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sunan Kalijaga Islamic Economics Journal (SKIEJ), 25-51.
Warpuah, Harini, D., & Riono, S. B. (2022). ANALISI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN UMKM PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA UMKM KLUBAN DI BANJARATMA). Jurnal Akuntansi dan Bisnis (Akuntansi), 41-48.
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 2896-2910.
Wibisono, W., Prasastono, S. H., & Holili, M. H. (2024). Pengaruh Penggunaan E-Commerce, Financial Technology dan Media Sosial Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM di Jawa Tengah. Journal Of Business Finance and Economics (JBFE).
Wibowo, F., Hernawan, E., Wicaksono, B. B., & Kusnawan, A. (2023). Faktor Yang Mempengaruhi Peningkatan Pendapatan Usaha Ekonomi Masyarakat Umkm Industri Batik Kota Yogyakarta Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. PRIMANOMICS: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 1-12.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL BISNIS DAN AKUNTANSI UNSURYA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.