PERAN RETURN ON ASSET DALAM MEMODERASI PENGUNGKAPAN CSR DAN PERTUMBUHAN ASET TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN JASA TELEKONUMIKASI

Royatul Ainiyah, Evi Dwi Kartikasari

Sari


Dunia Bisnis selalu menjadi trending topik saat kita membeicarakan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat. Kesejahteraan masyarakat dapat terwujud jika lapangan pekerjaan tersedia dengan cukup. Perusahaan yang mampu menyediakan lapangan pekerjaan harus selalu survive dan mampu going concern, salah satunya yaitu dengan meningkatkan nilai perusahaannya. Perusahaan yang dinilai akan tetap survive di era saat ini adalah perusahaan jasa telekomunikasi karena sangat erat jika dikaitkan dengan kebutuhan era digital. Beberapa peristiwa terkait CSR, Pertumbuhan aset perusahaan dan return on aset serta hasil penelitian terdahulu yang berbeda pendapat membuat peneliti tertarik untuk meneliti kembali. Tujuan dilakukan peneitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pengungkapan CSR dan pertumbuhan aset terhadap nilai perusahaan yang dimoderasi oleh Return on asset pada perusahaan jasa telekomunikasi. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan jasa telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, menggunakan data sekunder selama tahun 2017,2018,2019, 2020, 2021 dan 2022. Jenis penelitian yang digunakan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dari ke lima hipotesis yang diajukan ada satu hipotesis yang ditolak. 

Keywords: Nilai Perusahaan, Return on aset, CSR, Pertumbuhan Aset


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Barmin, H., & Herlina, E. (2022). Pengaruh Modal Intelektual, Arus Kas Bebas Dan Pertumbuhan Aset Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 422–429.

Basmar, E., & S, H. (2021). Literasi Keuangan Dimasa Pandemi Covid 19 (FLC19) dan Pengaruhnya Terhadap Siklus Keuangan Di Indonesia. POINT: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 3(2), 21–33. https://doi.org/10.46918/point.v3i2.1152

Bimantara Satria laksono, yuliastuti rahayu. (2019). Pengaruh profitabilitas, keputusan investasi, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan.

Buallay, A., Kukreja, G., Aldhaen, E., Al Mubarak, M., & Hamdan, A. M. (2020). Corporate social responsibility disclosure and firms’ performance in Mediterranean countries: a stakeholders’ perspective. EuroMed Journal of Business, 15(3), 361–375. https://doi.org/10.1108/EMJB-05-2019-0066

Cahyaningtyas, F. (2022). Peran Moderasi Corporate Sosial Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan : Perspektif Teori. 202 2, 153–159.

Dewantari, N. K. Y., Endiana, I. D. M., & Kumalasari, P. D. (2023). Pengaruh Pertumbuhan Aset, Ukuran Perusahaan, Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA), 5(1), 145–157.

Hashim, F., Ahmad Ries, E., & Teck Huai, N. (2019). Corporate Social Responsibility and Financial Performance: The Case of ASEAN Telecommunications Companies. KnE Social Sciences, 2019, 892–913. https://doi.org/10.18502/kss.v3i22.5095

Hatiana, N., & Pratiwi, A. (2020). Pengaruh Dana Pihak ketiga dan Suku Bunga terhadap Profitabilitas pada PT. Bank Mega TBK. Owner (Riset Dan Jurnal Akuntansi), 4(2), 346. https://doi.org/10.33395/owner.v4i2.231

Hayyuna, R., Pratiwi, R. N., Mindarti, L. I., Publik, J. A., Administrasi, F. I., & Brawijaya, U. (2005). Dalam Rangka Meningkatkan Pendapatan Desa ( Studi Pada Bumdes di Desa Sekapuk , Kecamatan Ujungpangkah , Kabupaten Gresik ). 2(72), 1–5.

Indri Agustini, N. D., & Nursasi, E. (2020). Pengaruh Kepemilikan Manajerial Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Hutang Sebagai Variabel Intervening. Manajerial, 7(2). https://doi.org/10.30587/manajerial.v7i2.1368

Inrawan, A., Lie, D., Putri, D. E., & Rukmana, S. I. (2021). Pengaruh Likuiditas Dan Pertumbuhan Aset Terhadap Profitabilitas Yang Berdampak Pada Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sub Sektor Pertambangan Minyak Dan Gas Bumi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. SULTANIST: Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 9(2), 214–224. https://doi.org/10.37403/sultanist.v9i2.364

Kartikasari, E. D., Hermantono, A., & Mahmudah, A. (2019). Good Corporate Governance, Devidend, Leverage, and Firm Value. International Research Journal of Business Studies. https://doi.org/10.21632/irjbs.12.3.301-311

Paryanto, P., & Sumarsono, N. D. (2018). The Effect Of Financial Performance Of Companies On Share Return In Manufacturing Companies Listed In Indonesia Stock Exchange Year 2014 -2016. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 1(01). https://doi.org/10.29040/ijebar.v2i02.273

Rodriguez-Fernandez, M. (2016). Social responsibility and financial performance: The role of good corporate governance. BRQ Business Research Quarterly, 19(2), 137–151. https://doi.org/10.1016/j.brq.2015.08.001

Saputra, W. S. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Bisnis, 10(1). https://doi.org/10.30813/jab.v10i1.985

Soegiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Tien, N. H., Anh, D. B. H., & Ngoc, N. M. (2020). Corporate financial performance due to sustainable development in Vietnam. Corporate Social Responsibility and Environmental Management, 27(2), 694–705. https://doi.org/10.1002/csr.1836

Vicentzo D. Hormati, Ivonne L. Saerang, H. H. D. T. (2023). Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia ( Bei ) the Influence of Dividend Policy Investment Decisions and Asset Growth on the Value of Manufacturing Companies in the Consumer Goods Indust. 11(4), 1501–1511.

Yudistira, I. G. Y., Mendra, N. P. Y., & Saitri, P. W. (2021). Pengaruh Pertumbuhan Aset, Profitabilitas, Kepemilikan Institusional, dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Karya Riset Mahasiswa Akuntansi, 1(1), 239–249.




DOI: https://doi.org/10.35968/jbau.v9i2.1283

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: