PENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKAN DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (STUDI KASUS KPP PRATAMA JAKARTA KELAPA GADING)

Setiadi Setiadi, Fauziah Sri Wulandari

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari peranan pengetahuan perpajakan dan sanksi pajak akan kepatuhan wajib pajak dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya. Objek dalam penelitian ini adalah KPP Pratama Jakarta Kelapa Gading, dengan populasi WPOP, sebanyak 400.303 orang, dengan sampel sebanyak 100 orang. Jenis penelitian kuantitatifkan dengan metode analisis disekripstif kuantitatif dengan analisis statistik. Hhasil penelitian menyimpulkan, bahwa pengetahuan perpajakan dan sanksi pajaksecara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan WPO. Demikian juga  secara simultan pengetahuan perpajakan dan sanksi pajak berpengaruh  positif dan signifikan terhadap kepatuhan WPOP. Hasil ini diperkuat dengan nilai koefisien sebesar 48,7%.

 Kata kunci : Pengetahuan Perpajakan, Sanksi Pajak, dan Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Jaya, I. M. L. M. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitas dan Kualitatif :Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Quadrant.

Kurnia, S. (2017). Perpajakan (Konsep dan Aspek Formal). Rekayasa Sains.

Lumbantoruan, P. (2017). Pengaruh Penerapan Sistem Administrasi Perpajakan Modern, Kualitas Pemeriksaan Pajak dan Kesadaran Masyarakat terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Unikom Bandung, 4.

Mardiasmo. (2018). Perpajakan (Maya, Ed.; 2018th ed.). C.V Andi Offset.

Mardiasmo. (2019). Perpajakan (D. Arum, Ed.; 20th ed.). Andi.

Rahayu, K. S. (2017). Perpajakan (Konsep dan Aspek Formal). Rekayasa Sains.

Resmi, S. (2017). Perpajakan : Teori dan Kasis Jil.1 (10th ed.). Salemba Empat.

Setiyani, N. M., Andini, R., & Oemar, A. (2018). Pengaruh Motivasi Wajib Pajak dan Pengetahuan Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dengan Kesadaran Wajib Pajak sebagai variabel intervening (Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama di Kota Semarang). Journal of Accounting, 1–18.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alphabet.

Sujarweni, V. W. (2019). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Pustaka Baru Press.

Widodo. (2019). Metodologi Penelitian. PT. Raja Grafindo Persada.

Widowati, R. (2017). Kepatuhan Wajib Pajak melalui Sosialisasi Perpajakan, Sanksi Perpajakan, Pengetahuan Pajak dan Pelayanan Fiskus. Artikel Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro.




DOI: https://doi.org/10.35968/jbau.v8i2.1058

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: