PENGARUH LITERASI KEUANGAN DIGITAL DAN SOSIAL EKONOMI TERHADAP PEMANFAATAN DIGITAL PAYMENT DENGAN BUDAYA SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Tutik Siswanti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh literasi keuangan digital dan sosial ekonomi terhadap penggunaan digital payment dengan budaya sebagai variabel moderating. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat pengguna digital payment di wilayah Jakarta Timur. Jumlah sample berjumlah144 responden. Metode pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner tertutup, dengan teknik samplingnya accidental sampling. Jenis penelitian ini adalah asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan software SmartPLS 3.0. Dalam penelitian ini dilakukan tiga tahap yaitu: Analisis Outer Model, Analisa Inner Model, dan Pengujian Hipotesis.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa secara langsung literasi keuangan digital dan sosial ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan digital marketing. Literasi keuangan digitam dan sosial ekonomi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap budaya. Sedangkan hasil hipotesis tidak langsung menunjukkan, bahwa budaya mampu memperkuat pengaruh literasi keuangan dan sosial ekonomi positif dan signifikan terhadap penggunaan digital paymen. Pengaruh literasi keuangan dan sosial ekonomi terhadap budaya sebesar 88,8%. Sedangkan pengaruh literasi keuangan dan sosial ekonomi terhadap digital payment yang diperkuat dengan budaya sebesar 93,8%.

 Kata Kunci : Literasi Keuangan Digital. Sosial Ekonomi, Budaya, Digital Payment


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adam, D. A., R. R. Nelson, dan P. A. Todd, (1992), “Perceived Usefulness, Ease of Use and Usage of Information Technology: A Replication”, MIS Quarterly, 16/2: 227-250.

Aditya, G., & Wakhdan, W. (2019). Dampak Pendidikan Financial Literasi terhadap Kesadaran dalam Meningkatkan Simpanan Hari Tua pada Anggota Suami Isteri Credit Union Angudi Laras …. Prosiding Seminar Nasional Unimus, 1993, 220–225. https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/semnas/article/view/389

Bank Indonesia. (2018). Kebijakan Sistem Pembayaran. Laporan Perekonomian Indonesia 2018, 8, 122–134.

Donepudi, P. K. (2019). Automation and Machine Learning in Transforming the Financial Industry. Asian Business Review, 9(3), 129–138. https://doi.org/10.18034/abr.v9i3.494

Dorfleitner, G., Hornuf, L., Schmitt, M., & Weber, M. (2017). The Fintech Market in Germany. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.2885931

Lestari, N. I., & Ramadani, M. (2022). Peran E-Lifestyle , Budaya Digital , Dan E-Payment Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Y Dalam Bertransaksi di E- Commerce. 07(September), 173–186.

Lubis, N. R. A. (2021). E-Library Era Industri Digital 4.0. Jurnal Par, 7(2), 81–84.

Taluke, J., Lesawengen, L., & Suwu A.A, E. (2021). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Tingkat Keberhasilan Mahasiswa Di Desa Buo Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat. Jurnal Holistik, 14(2), 1–16. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/33777

Tarantang, J., Awwaliyah, A., Astuti, M., & Munawaroh, M. (2019). Perkembangan Sistem Pembayaran Digital Pada Era Revolusi Industri 4.0 Di Indonesia. Jurnal Al-Qardh, 4(1), 60–75. https://doi.org/10.23971/jaq.v4i1.1442

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. (2011). 10th Edition. “Marketing an Introduction”. Indonesia: Perason.

Mahmud, Dimyati.2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

McKinsey & Company. (2016). Unlocking Indonesia's Digital Opportunity. Jakarta: McKinsey Indonesia Office

OJK, https://ojk.go.id/id/kanal/edukasi-dan-perlindungan-konsumen/Pages/Literasi-Keuangan.aspx

Permana, Widia dkk. (2012). Layanan Perpustakaan Via Mobile Data.

Setiadi, Nugroho J, (2010), Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran, Jakarta: Kencana.

Soekanto, Soerjono dan Sulistyowati, Budi. 2013. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pres.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Tugu Insurance, 2020: https://tugu.com/artikel/arti-penting-literasi-keuangan-digital

Tatik Suryani, 2008, Perilaku Konsumen, Yogyakarta, Graha ilmu




DOI: https://doi.org/10.35968/jbau.v8i1.1017

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: