PENGARUH CITRA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RS Tk. IV CIJANTUNG KESDAM JAYA JAKARTA

Yulianto Yulianto, Sri Yanthy Yosepha

Sari


Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator keberhasilan suatu penyedia layanan jasa kesehatan khususnya rumah sakit dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan.banyak faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pasien. Dalam penelitian ini penulis ingin mengetahui pengaruh citra dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien, baik secara parsial maupun simultan.

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, Populasi dalam penelitian ini adalah pasien RS Tk. IV Cijantung Kesdam Jaya, sampel yang digunakan berdasarkan hasil perhitungan dengan rumus slovin adalah 100 responden, yaitu pasien RS.cijantung yang telah berobat minimal dua kali kunjungan dengan harapan dapat memperoleh pendapat responden yang valid.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra dan kualitas pelayanaan berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien. besarnya pengaruh variabel citra rumah sakit dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien sebesar 0,672 atau 67,2%. Sedangkan, sisanya sebesar 32,8% diterangkan oleh faktor- faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Adapun pengaruh variabel-variabel independent terhadap variabel dependent pada penelitian ini, disajikan pada persamaan regresi (Y) = 21,848 + 0,264 X1 + 0,235 XDimana : Y=21,848, X1=0,264 dan X2=0,235

Kata kunci : Citra, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Pasien


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anfal, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Rumah Sakit Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap RS Umum Sundari Medan Tahun 2018. Excellent Midwifery Jounal, 3(2), 1–19.

Ardiyanto, M. A., & Tabrani, M. (2019). Pengaruh Citra Rumah Sakit Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Melalui Kepuasan Pasien (Studi Pada Rumah Sakit Umum Kardinah Tegal). Multiplier: Jurnal Magister Manajemen, 3(1).https://doi.org/10.24905/mlt.v3i1.1290

Elida, S., & Putri, A. berliana. (2020). Citra perusahaan sebagai aset. Prosiding Seminar Akademik Tahunan Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan 2020, 230–241.

Ghozali. (2016). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS.

Indrasari meithiana. (2019). Pemasaran dan kepuasan pelanggan (1st ed.). unitomo press.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Management. Edisi 15,Global Edition United Kingdom: Pcarson Education.

Nafisa, J., & Sukresna, I. M. (2018). Analisis pengaruh kualitas layanan, harapan kinerja dan citra perusahaan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening (Studi pada Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang). Diponegoro Journal of Management, 7(4), 78-104.

Novianti, N., Endri, E., & Darlius, D. (2018). Kepuasan Pelanggan MemediasPengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. Mix: Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(1), 90. https://doi.org/10.22441/mix.2018.v8i1.006

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2019 Tentang Klasifikasi Dan Perizinan Rumah Sakit

Perdana, Eka, R., Komariah, K., & Mulia, F. (2020). Analisis Citra Merek dan Kepercayaan Merek terhadap Loyalitas Pelanggan pada PD. Ikram Nusa Persada Kota Sukabumi. Journal of Management and Bussines (JOMB), 2.

Nugraha, M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Type C Kabupaten Kebumen. Ilmiah Ekonomi Masa Kin, 11(02), 97–102.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif Dan R&D (24th ed.).

Sulistyo, A., & Gumilar, A. (2019). Studi Citra Rumah Sakit Dan KualitasPelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Sakit Awal Bros Tangerang. JMB : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 8(2).

https://doi.org/10.31000/jmb.v8i2.1604

Suwatno. (2019). Pengantar public relations kontemporer (E. Suryadi & N. Nur,M (eds.); 2nd ed.). REMAJA ROSDAKARYA.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2019). Kepuasan Pelanggan - Konsep,Pengukuran,Dan Strategi (A. Diana (ed.); 1st ed.). ANDI OFFSET.

Widodo. (2019). Metodologi Penelitian Populer & Praktis (1st ed.). RAJAWALI PERS. https://nasional.kompas.com/read/2021/12/27/13251821.




DOI: https://doi.org/10.35968/m-pu.v12i2.907

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: