PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PENGEMBANGAN PRODUK BISKUIT TERHADAP VOLUME PENJUALAN PT. MAKINDO PERDANA
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan atau pengembangan produk terhadap volume penjualan biskuit PT. Makindo Perdana di Jakarta. Populasi yang diamati adalah karyawan dari perusahaan pemaklon di PT. Makindo Perdana, yang terdiri atas 35 karyawan dari 14 perusahaan, yang bertanggung jawab atas pembelian biskuit produksi PT. Makindo Perdana. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh, dengan demikian sampelnya terdiri dari 35 karyawan tersebut di atas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada taraf nyata lima persen, kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial tehadap volume penjualan PT. Makindo Perdana, pengembangan produk berpengaruh secara parsial tehadap volume penjualan PT. Makindo Perdana, serta kualitas pelayanan dan pengembangan produk berpengaruh secara simultan tehadap volume penjualan PT. Makindo Perdana, yang ditunjukkan oleh persamaan regresi: Y = 7,023 + 0,300 X1+ 1,092 X2, dimana X1 = Kualitas Pelayanan, X2 = Pengembangan Produk, Y = Volume Penjualan. Pengaruh simultan kualitas pelayanan dan pengembangan produk terhadap volume penjualan PT Makindo Perdana adalah sebesar 89,8%, sedangkan sisanya sebesar 10,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya.
Kata kunci: Kualitas pelayanan, pengembangan produk dan volume penjualan
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Apriansyah, R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Volume Penjualan Pada Pt. Prioritas Rengat. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 7(2), 37–45. https://doi.org/10.34006/jmbi.v7i2.48
Curatman, A., Rahmadi, Maulany, S., & Ikhsani, M. M. (2016). Analisis Faktor-faktor Pengaruh Inovasi Produk yang Berdampak pada Keunggulan Bersaing UKM Makanan dan Minuman di Wilayah Harjamukti Kota Cirebon. Jurnal Logika, 18(3), 61–75.
Ghozali, I. (2013). Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Edisi ketu). Universitas Dipenogoro.
Goh, T. S. (2019). Pengaruh Personal Selling Dan Pengembangan Produk Terhadap Volume Penjualan Pt . Infiniti Internasional Logistic Medan. 5(2), 54–69.
Hanifah, Z. L. (2015). Pengaruh Pengembangan Produk Terhadap Volume Penjualan Pada Toko Roti Mm Madiun Zulfiana Luthfi Hanifah. Economic.
UI Hassan, M., Shaukat, S., Saqib, M., Naz, S. (2013). Effects of Innovation types on firm performance: An empirical study on Pakistan's manufacturing sector. Pakistan Journal of Commerce and Social Sciences
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran (A. Maulana & W. Hardani (eds.)). Erlangga.
Priyatno, & Duwi. (2017). Panduan Praktis Olah Data Menggunakan SPSS. Andi Publisher.
Safitri, E., Rahayu, M., & Indrawati, N. K. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Service Center [Studi Pada Pelanggan Samsung Service Center Di Kota Malang. Ekonomi Bisnis, 21(1), 90–104.
Sofjan, A. (2017). Manajemen Pemasaran dan Strategi (15th ed.). Rajagrafindo Persada.
Sopiah, E. M. S. (2016). Salesmanship : Kepenjualan.
Steyfli M., F., Sepang, L., & A, S. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Air Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3), 1658–1667.
https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20411
Subagyo, Nur Aini Masruroh, I. B. (2018). Akuntansi Manajemen Berbasis Desain. UGM Press.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Alfabeta.
Swasta, B., & Dharmesta. (2003). Manajemen Pemasaran, Analisis Perilaku Konsumen. BPFE.
Swastha, B. (2002). Manajemen Pemasaran. Liberty.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa (Pertama). CV. Andy Offset.
Umar, H. (2013). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis (Kedua). Rajawali Pers.
Wisbah, T. (2008). Pengaruh Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Biskuit Khong Guan.
DOI: https://doi.org/10.35968/m-pu.v12i2.906
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by: