PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA MODA TRANSPORTASI OJEK ONLINE (Studi Kasus pada Gojek/Go Ride di Kelurahan Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur)

Ridho Alfian, Wasis Gunadi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perngaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan pada moda transportasi ojek online (Studi Kasus pada Gojek/Go-Ride di Kelurahan Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur). Populasi penelitiannya adalah para pengguna layanan Gojek (Go-Ride) yang telah menggunakan jasanya dua kali atau lebih di Kelurahan Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur. Dikarenakan terbatasnya sumberdaya, maka penelitian ini menggunakan  sampling, yaitu Purposive Random Sampling, yang menghasilkan sampel berukuran 100 responden.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada taraf nyata 5%, baik secara parsial maupun simultan, Kualitas Pelayanan dan atau Kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan pada moda transportasi ojek online, yang ditunjukkan oleh persamaan regresi:

Y = 17,129 + 0,719 X1 + 0,819 X2, dimana:Y=Kepuasan Pelanggan, X1=Kualitas Pelayanan dan X2=Kepercayaan. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Pelangganan adalah sebesar 50,8%, yang merupakan koefisien determinasi dari persamaan regresi tersebut di atas

 Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Kepuasan Pelanggan, Ojek Online.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aryo. (2015). Pengaruh, Analisis Pelayanan, Kualitas Dan, Harga Hotel Pondok Tinggal Di Kabupaten Magelang. 4(32), 1–13.

Bahrudin, M., & Zuhro, S. (2016). Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 3(1), 1. https://doi.org/10.21043/bisnis.v3i1.1463

Budi Ismanto, S., &Daryanto. (2014). Konsumendan Pelayanan Prima.

Kotler, P., & Armstrong, G. (n.d.). Prinsip – Prinsip Manajemen (14th ed.). Erlanggga.

Prasetyo, B., &Miftahul Jannah, L. (n.d.). Metode Penelitian Kuantitatif dan Aplikasi (7th (ed.)). PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitn Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabetha.

Sumarwan, U., Jauzi, A., Mulyana, A., Karno, B. N., Mawardi, P. K., & Nugroho, W. (2011). Riset Pemasaran dan Konsumen Panduan Riset dan Kajian: Kepuasan, Perilaku Pembelian, Gaya Hidup, Loyalitas dan Persepsi Risiko. 1–331.

Tjiptono, F., & Gregorius, C. (2012). Pemasaran Strategik. ANDI, ed.




DOI: https://doi.org/10.35968/m-pu.v11i2.693

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: