PENGARUH KOMPETENSI, TIM KERJA, DAN PEMBELAJARAN, TERHADAP KINERJA KARYAWAN STUDI KAUSAL DI PT. WHITESKY AVIATION
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data fakta, dan informasi yang valid dan benar, serta dapat dipercaya tentang pengaruh Kompetensi, Tim Kerja dan Pembelajaran terhadap Kinerja Karyawan, studi kausal di PT Whitesky Aviation. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode survei dilakukan mulai Mei s/d bulan Oktober 2017, meliputi kegiatan pra survei, konsolidasi, uji coba instrumen melalui uji validitas dan reliabilitas, serta pengumpulan dan pengolahan data hasil penelitian. Sampel penelitian ini adalah seluruh populasi yang terjangkau, dan berkarakter sama, yaitu sebanyak 30 orang karyawan untuk uji validitas dan 100 orang karyawan untuk sampel penelitian, yang diambil secara acak sederhana, yang memenuhi syarat penelitian. Pengukuran dalam penelitian ini dilakukan dengan memberikan nilai dari setiap butir pertanyaan dari semua variabel, ukuran nilai yang diberikan dalam setiap pernyataan menggunakan ”Skala Likert”. Data yang berasal dari penyebaran kuesioner dilakukan analisis data antara lain: deskripsi data, pengujian persyaratan penelitian, meliputi: uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linieritas. Untuk membuktikan pengaruh variabel Kompetensi (X₁) Tim Kerja (X₂), dan Pembelajaran (X3) terhadap Kinerja (Y) pada penelitian ini, dilakukan teknik analisis data dengan Analisis Jalur (Path Analysis). Berdasarkan hasil analisis penelitian: 1) Terdapat pengaruh secara positif dan signifikan variabel Kompetensi (X₁) terhadap variabel Pembelajaran (X₃), secara parsial sebesar 23,01%. 2) Terdapat pengaruh secara positif dan signifikan variabel Tim Kerja(X₂) terhadap variabel Pembelajaran (X₃), secara parsial sebesar 59,59%. 3) Terdapat pengaruh secara positif dan signifikan variabel Kompetensi (X₁) terhadap variabel Kinerja (Y), secara parsial sebesar 18,54%. 4) Terdapat pengaruh secara positif dan signifikan variabel Tim Kerja (X₂) terhadap variabel Kinerja (Y), secara parsial sebesar 59,22%. 5) Terdapat pengaruh secara positif dan signifikan variabel Pembelajaran (X₃) terhadap variabel Kinerja (Y), secara parsial sebesar 16,24%.
Kata Kunci : Kompetensi, Tim Kerja, Pembelajaran, dan Kinerja
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Chambers, Essential English Dictionary, Edinburgh: Chambers Harrap Publishers Ltd., 1995.
Colquitt, Jason A., Jeffery A. LePine & Michael J. Wesson, Organizational Behavior: Improving Performance and Commitment in the workplace, Second Edition. NY: McGraw-Hill Irwin, 2011
Dessler, Gary, Human Resource Management, Eleventh Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall, 2008
Ivancevich, John M., Robert Konopaske & Michael T. Matteson, Organizational Behavior and Management, Eighth Edition. New York: McGraw-Hill Education, 2008
Kreitner, Robert & Angelo Kinicki, Organizational Behavior, Eighth Edition. New York: Mc Graw-Hill/Irwin International, 2008
Luthans, Fred, Organizational Behavior, Twelfth Edition, New York: McGrawHill International Edition, 2011.
Mathis, Robert L. & John H. Jackson, Human Resource Management: Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Sepuluh. Jakarta: Penerbit Salemba Empat, 2006.
Mondy, R. Wayne, Human Resource Management, Tenth Edition, NewJersey: Pearson Prentice-Hill International Edition, 2008
Newstrom,John W., Organizational Behavior , Human Behavior at Work, Thirteenth Edition,New York: McGraw-Hill International, 2011
Noe, Raymond A. et.al., Human Resource Management: Gaining a competitive advantage, 6th Edition, NY: McGrawHill International Edition, 2008
Robbins, Stephen P. & Timothy A. Judge. Organizational Behavior, 13th Edition. NewJersey: Pearson Prentice Hall, 2009
Robbins, Stephen P. & Mary Coulter, Manajemen, Jilid 1, Edisi Kesepuluh, Jakarta : Penerbit Erlangga, 2014.
Wibowo, Prof., Dr., SE, M.Phil., Manajemen Kinerja. Edisi Kedua. Jakarta: Rajawali Pers,2012
DOI: https://doi.org/10.35968/m-pu.v8i2.235
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by: