PEMBERDAYAAN KOPERASI

Wasis Gunadi

Sari


Sampai sekarang ini koperasi masih dihadapkan pada masalah rendahnya kemampuan manajemen yang berhubungan dengan kualitas SDM yang dimiliki. Bidang-bidang kegiatan usaha yang dilaksanakan oleh koperasi belum sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh koperasi dan lingkungannya, serta tidak sejalan dengan kepentingan anggotanya. Sangat banyak terlihat bahwa kegiatan usaha koperasi tidak memiliki kaitan dengan kegiatan usaha anggota dan ada kecenderungan koperasi melakukan bisnis hanya untuk kepentingan koperasi sebagai unit usaha dan bukan sebagai lembaga yang mendukung usaha-usaha dari anggotanya. Berkurangnya program-program kegiatan usaha koperasi yang bersumber dari pemerintah secara langsung juga mempengaruhi penurunan kinerja usaha koperasi. Hal ini mengindikasikan koperasi masih sangat terikat pada bantuan pemerintah, dan bantuan program pemerintah itu sendiri tidak menjadikan koperasi sebagai lembaga perekonomian yang mandiri. Keyword : ekonomi, koperasi,  dan pemerintah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonimous, (1992). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 25 tahun 1992 Tentang Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM. Jakarta.

Anonymous, (2006). Kajian Manfaat Program Perkuatan terhadap Keberhasilan Usaha UMKM. Deputi Bidang Pengkajian Sumberdaya UKMK, Kementerian Negara UMKM. Jakarta.

Farhan Achmad. (2002). Metamorfosis Kehidupan usaha Mikro Kecil dan Mengah yang tidak berjalan mulus.

Harian Republika tanggal 23 Maret tahun 2002.

Nasution Muslimin, (2000). Mencari Bentuk Pemberdayaan yang sesuai dengan Karakter UMKM. Departemen Kehutanan RI. Jakarta.

Syarif, (2006). Tolok Ukur Keberhasilan Program-program Perkuatan UMKM: Deputi Bidang Pengkajian Sumberdaya UKMK Kementerian Negara UMKM. Jakarta.

Wayan Suardja.AR, (2007). Kebijakan Pengembangan UMKM dalam Rangka Meningkatkan Perekonomian Daerah dan Percepatan Penanggulangan Kemiskinan. Deputi Bidang Pengkajian Sumberdaya UKMK Kementerian Negara UMKM. Jakarta.

Surya Dharma Ali, (2007). Langkah Nyata UMKM Dalam Menanggulangi Kemiskinan dan Pengangguran. Kementerian Negara Koperasi dan UKM. Jakarta.

Hitt, Michael A, Ireland, R. Duane, Hosjisson, Robert, Robert E, (2001). Manajemen Strategis: Daya Saing dan Globalisasi Konsep. Edisi Keempat, South Western College Publishing, Singapura, 2001.

Nasution, M.,(1999). KOPERASI: Pemikiran dan Peluang Pembangunan Masa Depan. Departemen Kehutanan dan Perkebunan. Jakarta.

Sebstad, Jennefer, (1998). Toward Guidelines for Lower-Cost Impact Assessment Methodologies for Microenterprise Programs. Discussion Paper for the Second Virtual Meeting of the CGAP Working Group on Impact Assessment Methodologies Juni 1998. Washington, D. C. USAID AIMS.




DOI: https://doi.org/10.35968/m-pu.v8i2.234

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: