STUDY FENOMOLOGI : PEMANFAATAN KONTEN INSTAGRAM SEBAGAI EFEK TREN MEDIA PROMOSI SHOPEE AFFILIATE

Levia Inggrit Sayekti

Sari


Pemanfaatan konten Instagram yang lagi tren saat ini bisa dijadikan sebagai media promosi untuk memanfaatkan layanan shoppe affiliate, dengan adanya konten Instagram memungkinkan produk bisa lebih dikenal dan laku di pasaran memngingat shopee merupakan media sosial terbanyak yang digunakan di Indonesia, para influencer dapat menjadikan instagram sebagai media promosi digital untuk memanfaatkan layanan shoppe affiliate. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui manfaat konten Instagram sebagai efek tren media promosi pada media sosial instagram yang dilakukan oleh para influencer untuk mendapatkan komisi dari Shopee Affilate. Penelitian ini dilakukan kepada influencer dengan nama Instagram @heiifeb. Pendekatan studi fenomologi yang dilakukan di penelitian ini dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Pendekatan kualitatif menerjemahkan pandangan-pandangan dasar interpretative dan fenomologis yaaitu realita sosial yang subjektif dan diinterpresentasikan. Dari hasil Kesimpulan dapat diketahui bahwa memnafaatkan platform Instagram sebagai media konten yang terintegrasi dengan shopee affiliate yaitu Influencer dapat memperoleh komisi dari penjualan yang dihasilkan melalui tautan afiliasi melalui konten di Instagram influencer dapat mengalami peningkatan berkat jangkauan luas dan kepercayaan yang dimiliki influencer dari pengikut mereka di Instagram, Kesuksesan dalam program afiliasi membuka peluang bagi influencer untuk menjalin kemitraan jangka panjang dengan merek.

Kata kunci: fenomologi, konten instagram, tren, promosi, shopee affiliate


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andriyanti, E., & Farida, S. N. (2022, March). Pengaruh Viral Marketing Shopee Affiliate, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Shopee Indonesia (Studi Pada Generasi Z Pengguna Tiktok Di Sidoarjo). In Forbiswira Forum Bisnis Dan Kewirausahaan (Vol. 11, No. 2, pp. 228-241).

Aryani, I. D., & Murtiariyati, D. (2022). Instagram Sebagai Media Promosi Dalam Meningkatkan Jumlah Penjualan Pada aDa Souvenir Project. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 2(2), 466-477.

Balqis, S. S., & Mustofa, A. A. (2023). Analisis Program Tiktok dan Shopee Affiliate Perspektif Maslahah Mursalah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(3), 3581-3585.

Devi, NT, & Satwika, YW (2022). Studi Fenomenologi: Dampak Aplikasi Tiktok Terhadap Remaja Akhir Afiliasi Shopee. Karakter: Jurnal Penelitian Psikologi , 9 (06), 209-220.

Erfiana, W., & Purnamasari, D. (2023). Strategi Content Marketing Influencer Melalui Shopee Affiliate Program Pada Instagram. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 11(2), 134-151.

Harahap, N. N. P. (2024). Pengaruh Promosi Shopee Affiliate dan Promosi Bellow The Line Terhadap Impulse Buying (Studi Kasus pada Masyarakat Desa Pangkalan Berandan Kelurahan Berandan Timur Baru) (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area).

Kurniawati, D., & Abidin, R. (2024). Pengaruh Pengguna Manfaat Program E-Commerce Shopee Affiliates. Sahmiyya: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 223-229.

Nurmala, . D., vany Afrizal, S., & Wibowo, T. U. (2022). Dampak Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Perubahan Perilaku Sosial Mahasiswa. Hermeneutika: Jurnal Hermeneutika,8(1).

Nuruddin, S. T. S., & Himmati, R. (2023). Pengaruh Fitur Paylater, Spinjam dan Affiliate terhadap Minat Konsumen dalam Berbelanja pada Aplikasi Shopee: Studi Kasus Pengguna Shopee pada Mahasiswa FEBI UIN SATU Tulungagung. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(6), 173-191.

Prajarini, D., & Sayogo, D. (2021). Pengaruh desain post Instagram terhadap minat pembelian produk UMKM Kedai Kopi di Kabupaten Sleman. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 7(01), 187-199.

Pertiwi, S. (2022). Konsumsi Media Sosial Tik Tok pada Mahasiswa Universitas Sriwijaya Kampus Indralaya. Jurnal Empirika, 6(2), 122.

Ramadhani, N., Salam, N. E., & Yozani, R. E. (2023). PEMANFAATAN KONTEN TIKTOK SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL SHOPPE AFFILIATE PADA AKUN TIKTOK “INDISYINDI”. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 235-261.

Ramadhan, I. D., & Purnamasari, O. (2023). Pengaruh Konten Instagram Chatime Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bincang Komunikasi, 1(1), 43-52.

Salsabila, P. (2023). Kajian Content Creator Annisa Rosdiyana Dalam Mempromosikan Fashion Muslimah Melalui Platform Media Sosial TikTok (Bachelor's thesis, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).

Husna, N. A., Manan, A. A., Mala, I., & Niza, N. R. (2025). Strategi Konten Marketing Influencer melalui Tiktok Affiliate pada Program Instragam. PENG: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 2(1b).




DOI: https://doi.org/10.35968/m-pu.v15i1.1394

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: