PENGEMBANGAN MODEL EVALUASI KINERJA SDM BERBASIS BALANCED SCORECARD: STUDI PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI KOTA SAMARINDA

Umi Kulsum, Nurfitriani Nurfitriani, Sunarto Sunarto, Heriyanto Heriyanto

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model evaluasi kinerja Sumber Daya Manusia (SDM) berbasis Balanced Scorecard yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik perusahaan jasa konsultan. Melalui pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen dari lima perusahaan konsultan yang berbeda. Hasil analisis menunjukkan bahwa praktik evaluasi kinerja SDM cenderung terpisah dari proses perencanaan strategis dan tidak selaras dengan tujuan jangka panjang perusahaan. Berdasarkan temuan ini, model evaluasi kinerja SDM berbasis Balanced Scorecard dikembangkan, yang mencakup dimensi keuangan, pelanggan, proses internal, dan pembelajaran dan pertumbuhan. Model ini kemudian divalidasi dan diuji coba lapangan, yang menunjukkan validitas, relevansi, dan implementabilitasnya dalam konteks perusahaan jasa konsultan. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya menyelaraskan evaluasi kinerja dengan perencanaan strategis untuk meningkatkan efektivitas manajemen kinerja SDM dan mendukung pencapaian tujuan bisnis perusahaan konsultan.

Kata Kunci: evaluasi kinerja SDM; balanced scorecard; perencanaan strategis


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ambarwati. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Pati: Al Qalam Media Lestari. Cet.1.

Bahri, S. (2014). Pengaruh Motivasi, Tindakan Supervisi, dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Auditor Junior Pada KAP di Jakarta. Skripsi: Universitas Islam Syarif Hidayatullah. http://repository.uinjkt.ac.id (diakses 26 Desember 2014).

David, F. R. (2012). Managemen Strategis Konsep. Jakarta : Salemba Empat.

Dharma, S. 2012. Manajemen Kinerja Falsafah Teori dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fahmi I. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta

Gyambrah, M, et al. (2017, September). Human Resource Development (HRD) Practise of Non-Govermental Organisations (NGO's) in Ghana's Health Sector. International Journal of Science and research Publications, 373-380.

Kasmir. (2016). Manajemen sumber daya manusia (teori dan praktek). Jakarta: Raja Grafindo Persada

Kriyantono. (2012). Public Relations & Crisis Management: Pendekatan Critical Public Relations Etnografi Kritis & Kualitatif. Jakarta: Kencana

Luis, S., dan A. P. Biromo. (2013). Step by Step in Cascading Balanced Scorecard to Functional Scorecard. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Sofyan Syafri Harahap. 2018. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan . Depok: Raja Grafindo Persada.

Sutrisno . 2017. Manajemen Keuangan Teori, Konsep, dan Aplikasi. Yogyakarta: Ekonisia.

Thian, Alexander. 2022. Mengenal & Memahami Laporan Keuangan. Yogyakarta: ANDI.




DOI: https://doi.org/10.35968/m-pu.v14i2.1233

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: