ANALISIS PERBANDINGAN DAN MODEL IDEAL CARGO COMPARTMENT PADA DELAPAN PESAWAT PENUMPANG WIDE BODY DAN PROSPEK MUATAN KARGONYA
Sari
Pengangkutan dan pengiriman kargo dengan pesawat udara, didasarkan pada kemampuan daya angkut pesawat (payload), ruang kargo di dalam pesawat, ukuran pintu pesawat dan maximum floor load. Maka, penerimaan kargo harus memperhatikan isi di dalam kargo yang akan dikirim (content), berat kargo (weight), ukuran (dimension) dan pembungkus (packing). Terdapat beberapa tipe pesawat pengangkut kargo, salah satunya pallet kargo yang mengangkut penumpang dan kargo, dimana pallet kargo memanfaatkan space dari pesawat untuk mengangkut kargo. Jurnal ini dibuat untuk mempelajari dan membandingkan cargo compartment (ruang kargo) pada pesawat wide body sehingga diketahui pemanfaatan maksimum berdasarkan volume dan berat kargo yang dapat diangkut. Metode yang digunakan adalah perbandingan data spesifikasi dari dimensi, kapasitas ruang kargo dan perhitungan load factor. Load factor adalah besaran yang menyatakan tingkat kepadatan jumlah penumpang pesawat pada sekali perjalanan. Hasil dari analisa perbandingan diperoleh kesimpulan bahwa pesawat yang ideal untuk mengoptimalkan pengangkutan kargo adalah pesawat B777-300 dan B787-800. Pesawat B777-300 memiliki cargo weight sebesar 76,656 kg dan cargo volume sebesar 265 m3, sedangkan B787-800 pesawat yang paling ideal untuk substitusi pax kosong menjadi muatan kargo karena memiliki selisih harga substitusi paling kecil yaitu sebesar 2,881 USD.
Referensi
Admadjati, A., 2012, Manajemen Airport Handling Maskapai, Seri I, Yogyakarta.
Susanto, A., 2015, Kargo Udara, http://www.aripsusan-to.com/p/blog-page_22.html, diakses pada tanggal 18 Juli 2016.
_____2016, Harga kargo, http://cargo.garuda-indonesia.com diakses pada tanggal 27 Desember 2016.
Sarwono, J., Korelasi, 2006, http://www.jonathan-sarwono.info/korelasi/korelasi.htm diakses tanggal 4 Desember 2016.
Jackson, P, 2005, Jane’s All The World’s Aircraft, USA.
IATA, 2015, Airport Handling Manual, Edisi ke 35, Geneva.
Nugroho, F., 2013, Weight and Balance : Berat Pesawat, http://www.ilmuterbang.com, diakses tanggal 29 agustus 2016.
_____2016, Aircraft specification, http://airliners.net, diakses pada tanggal 27 Juli 2016.
_____2016, Aircraft specification, http://boeing.com, diakses pada tanggal 28 Juli 2016.
_____2016, Aircraft specification, http://airbus.com, diakses pada tanggal 28 Juli 2016.
_____2016, Aircraft specification, http://gloopic.net/spesifikasi-teknis-pesawat-terbang, diakses pada tanggal 31 Juli 2016.
_____2016, Air cargo basic, http://www.customgl.com/pdf/air_cargo_basics.pdf, diakses pada tanggal 19 Juli 2016.
_____2016, Fuselage design, http://aviation.stack-exchange.com/questions/21523/why-is-the-fuselage-on-airline-circular-shaped, diakses pada tanggal 5 Desember 2016.
_____2016, Fuselage design, http://adg.stanford.edu/aa241/fuse-layout/fuse-section.html, diakses pada tanggal 5 Desember 2016.
Kurniawan, D., Regresi Linier, 2008, https://ined-deni.files.wordpress.com/2008/07/regresi_linier.pdf, diakses tanggal 3 Desember 2016.
_____2016, Harga tiket perjalanan, http://www.skyscanner.co.id, diakses pada tanggal 16 Desember 2016.
_____2016, ULD’s pallet, http://www.boeing.com/startup diakses pada tanggal 27 Desember 2016
DOI: https://doi.org/10.35894/jtk.v2i2.9
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by: