Analisis Penerapan Batas Usia Pesawat Cessna 402b Untuk Transport Category
Sari
Banyak penyebab terjadinya kecelakaan pesawat salah satunya adalah kegagalan pesawat dalam beroperasi dengan normal yang dikarenakan usia pesawat yang sudah tua. Penetapan peraturan pembatasan usia pesawat terbang diberlakukan untuk menekan jumlah kecelakaan pesawat terbang. Pesawat yang dimiliki Whitesky Aviation yaitu pesawat Cessna 402B adalah pesawat yang dipergunakan untuk misi kegiatan foto udara. Pembatasan usia pesawat yang dilarang untuk beroperasi adalah 45 tahun. Perhitungan jam terbang pesawat Cessna 402B menurut rekaman data saat ini jika dilakukan perkiraan disaat mencapai usia 45, kondisi pesawat masih dalam kondisi yang baik. Sehingga peraturan pembatasan usia menjadi hal yang kurang sesuai untuk diterapkan jika diberlakukan pada pesawat yang hanya memiliki jam terbang yang rendah. Pada penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk menentukan pengaruh usia Cessna 420B terhadap operasional dan maintenance serta batas usia yang sesuai dengan perbandingan shedule maintenance menurut Flight Hours dan Flight Cycle. Dan pada Operasi low utilization tidak terdapat perbedaan pengoperasian pesawat berdasarkan umur pesawat, utilisasi pesawat tidak mempengaruhi jumlah maintenance menurut calender time serta batasan umur pesawat tersebut belum tercapai sehingga masih memiliki banyak sisa umur. Pesawat PK-WLW memiliki sisa umur 29882.4FH dan pesawat PK-WLY memiliki sisa umur 31405.2FH.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan.
Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 155 Tahun 2016 tentang Batas Usia Pesawat Udara yang digunakan Untuk Kegiatan Angkutan Udara Niaga.
______,. 2018, Pengertian Maintenance program https://www.skybrary.aero/index.php/Maintenance_Programme diakses tanggal 10 Agustus 2019.
FAA,. 2008. Aviation Maintenance Technician Handbook, USA.
______,. 2018, Pengertian Prolong(FlyableStorage) Maintenance_Program Cessna402 diakses tanggal 19 oktober 2019.
Cessna 402 Manufacture’s Service Manual Revision 21 dated June 03 , 2002 ,TRN 11 dated July 2013.
FAA., 2009. Fatigue and Performance in Aviation.
Shannon P. Ackert, 2010, Basics of Aircraft Maintenance Programs for Financiers, USA .
Continental Aircraft Engine Operator Manual January 1985 and Overhaul Manual, March 1999.
,. 2018, Aircraft Utilization Report. Berkas Pdf. Febuari 2018.
DOI: https://doi.org/10.35894/jtk.v5i1.429
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by: