Analisis Numerik Pengaruh Geometri Burung Terhadap Tekanan Impak Pada Kasus Bird Strike Dengan Smoothed Particle Hydrodynamics (Sph) Model
Sari
Penelitian ini mempelajari pengaruh geometri burung terhadap tekanan impak pada kasus tabrak burung, yaitu tekanan hugoniot dan stagnasi. Geometri burung berbentuk capsule atau silinder dengan kedua ujung setengah bola. Geometri disimulasikan dengan rasio L/D yang berbeda yaitu 1,5; 1,7; dan 1,9. Model material burung elastis, plastis, hidrodinamik digunakan pada simulasi. Simulasi model burung dilakukan dengan metode Smooth Particle Hydrodynamics (SPH) pada variasi kecepatan 100 m/s, 200 m/s, dan 300 m/s. Hasil simulasi menunjukkan dengan variasi rasio L/D diperoleh nilai tekanan Hugoniot jauh lebih tinggi sekitar 14-25 kali lipat tekanan stagnasi pada L/D = 1.5, 12-25 kali pada L/D = 1.7, dan 11-34 kali pada L/D = 1.9. Tekanan Hugoniot menunjukkan nilai yang meningkat dari L/D 1.5 sampai 1.9 pada kecepatan 100 m/s. Namun, untuk tekanan Hugoniot pada kecepatan 200 m/s menunjukkan nilai yang menurun dari L/D 1.5 sampai 1.9. Tekanan stagnasi rasio L/D 1.9 lebih rendah dibandingkan L/D 1.5 dan 1.7 pada kecepatan impak 100 dan 200 m/s.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Blokpoel, H., Bird Hazards To Aircraft. Clarke. 1976.
Thorpe, J., Fatalities and Destroyed Civil Aircraft Due To Bird Strikes, 1912–2002. In: International Bird Strike Committee, 26th Meeting, Warsaw, Poland. 2003.
Allan, J. R., The costs of bird strikes and bird strike prevention. In Human conflicts with wildlife: Econonomic considerations (pp. 147-153). Lincoln, NE: USDA National Wildlife Research Center Symposia. 2000.
Grimaldi, A., SPH high velocity impact analysis – A birdstrike windshield application. Dissertation, Department of Aerospace Engineering, University of Naples Federico II. 2011.
Allan, J. R., & Orosz, A. P., , The costs of birdstrikes to commercial aviation. In Bird Strike Committee – USA/Canada, third joint annual meeting (p.2). Calgary, AB. 2001.
Sebastian Heimbs, Bird Strike Analysis in Aircraft Engineering: An Overview. Advances in Mechanical Engineering Research, Vol 3. Nova Science Publishers, Inc. 2011.
Yuniarti, E., Hendrajaja, S.S., Sitompul, Sahril A., , Analisis Numerik Pengaruh Geometri Burung Berbentuk Capsule Terhadap Tekanan Impak Pada Kasus Bird Strike, Jurnal Teknologi Kedirgantaraan ISSN 2528-2778, Vol. 3 No.2 Juli 2018, hal. 7-12. 2018.
Yuniarti, E., Sitompul, Sahril A., , Effect Of Flat And Hemispherically Ended Cylinder Bird Model With Finite Element Modelling Of Bird Strike, Jurnal Teknologi Dirgantara LAPAN ISSN 1412-8063, Vol 17 No. 1 hal. 41-56, Juli 2019.
J.S. Wilbeck, J.P. Barber, Impact bird loading, The Shock and Vibration Bulletin 48, p. 115-122. 1978.
Blair, A., Aeroengine Fan Blade Desain Accounting For Bird Strike, Thesis, Department Aeronautical and Industrial Engineering, The University of Toronto. 2008.
Airoldi, A. dan Cacchione, B., Modelling of Impact Forces and Pressures in Lagrangian Bird Strike Analyses, International Journal of Impact Engineering, 32, pp. 1651-1677. 2006.
SIMULIA, A strategy for bird strike simulations using Abaqus/Explicit. Dassault Sytemes. 2018.
Hedayati, R., & Sadighi, M., Bird Strike: An Experiment, Theretical and Numerical Investigations, ISBN 978-7-56501-939-5, Woodhead Publishing. 2016.
DOI: https://doi.org/10.35894/jtk.v5i1.426
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by: