Analisis Numerik Efek Tumbukan dan Pola Deformasi Crash Box Berbentuk Origami

Bismil Rabeta, Sahril Afandi, Romario Fransisco

Sari


Crash Box adalah batang longitudinal yang terintegrasi dengan bumper yang digunakan untuk menyerap energi tumbukan akibat tabrakan melalui proses deformasi (progressive buckling). Tujuan dari analisis ini adalah untuk mengetahui respon tabung crash box ketika dikenakan beban tumbukan dengan kecapatan rendah. Selain itu analisis ini juga untuk mengetahui besarnya Pmax (peak force) terhadap variasi geometri yang meghasilkan output berupa nilai gaya terhadap perpindahan, sebagai acuan untuk menentukan nilai dari mean crushing force (Pmean) dan crushing force efficiency (CFE). Pada setiap model memiliki mean crushing force (Pmean) dan crushing force efficiency (CFE) yang berbeda-beda. Pada model 1 memiliki nilai mean crushing force (Pmean) sebesar 12.976 kN dan crushing force efficiency (CFE) sebesar 0.584, model 2 memiliki nilai mean crushing force (Pmean) sebesar 10.458 kN dan crushing force efficiency (CFE) sebesar 0.789, dan model 3 memiliki nilai mean crushing force (Pmean) sebesar 9.282 kN dan crushing force efficiency (CFE) sebesar 0.798.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sitompul, Sahril Afandi, Analisis Numerik dan Eksperimen Tumbukan Kuasi- Statik Pada Tabung Silinder Polyvinyl Chroride, Skripsi Tidak diterbitkan. Fakuktas Teknik Mesin dan Dirgantara, Institut Teknologi Bandung: Bandung. 2011.

David Roylance, Mechanical Properties of Materials. 2008.

http://web.mit.edu/cou rse/3/3.225/book.pdf,

diakses pada 6 Oktober 2019.

Bismil Rabeta, Uji Parametrik Tabung Berpenampang Segi Empat dan Segi enam Terhadap Beban Tumbuk Kecepatan Rendah, Tesis, Fakuktas Teknik Mesin dan Dirgantara, Institut Teknologi Bandung: Bandung. 2011

,2009,http://www.infonum erik.com/konsep-dasar-finite- element-method,

diakses 7 Oktober 2019.

Carbodydesign. Audi A8 Space Frame http://www.carbodydesig n.com/gallery/2009/12/audi- a8/31/

Safety Book, Vehicle Crashworthiness and Occupant Protection, 2004.

Tarigopula, V., Langseth, M., Hopperstad, O.S. dan Clausen, A.H., Axial Crushing of Thin-Walled High Strenght Steel Sections, Int. Journal of Impact Engineering 32, pp. 847- 882. 2006

Mora, Minda. Low Velocity Impact Analysis of Double- Walled Prismatic Structures Filled With Foam Core, Tesis, Department of Aeronautics and Astronautics Institut Teknologi Bandung : Bandung. 2008

Rizkitiawan, Januar. Analisis Numerik Efek Diskontinuitas Tumbukan Kecepatan Rendah Pada Tabung Berpenampang Segienam, Skripsi, Tidak diterbitkan, Fakultas Teknologi Kedirgantaraan Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma. Jakarta. 2018

Zhou, C., Wang, B., You, Z., Dynamic Axial Crushing of Origami Crash Boxes, Int. Journal Of Mechanical Sciences 118 Dessault System Simulia Corp, 2014, Abaqus 6.14 User’s Guide Simulia Online Documentation. 2016




DOI: https://doi.org/10.35894/jtk.v5i1.424

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: