Analisis Kinerja Pemeliharaan Berdasarkan Safety Performance Indicator Menggunakan Realibility Mapping
Sari
ICAO Annex 19 tentang Safety Management mensyaratkan pengukuran safety menggunakan Safety Performance Indicator (SPI). Parameter SPI ditetapkan oleh operator. Salah satu contoh adalah parameter maintenance (pemeliharaan) yang terkait accident atau incident. SPI maintenance terdiri dari Pilot Report, Dispatch Reliability, Deferred Maintenance (DMI), Service Difficulty Report, Air Turn Back, Rejected Take Off, dan Repeated Defect. Beberapa parameter SPI memiliki korelasi satu sama lain. Simulasi telah dilakukan menggunakan reliability mapping dengan berbagai skenario pemeliharaan untuk melihat hubungan antara parameter Deferred Maintenance Item, Repeated Defect, dan Technical Interruption yang digunakan pada perhitungan Dispatch Reliability. Analisis kinerja pemeliharaan juga disimulasikan dengan metode ini. Hasil simulasi memperlihatkan hubungan sebab akibat dua arah dan satu arah diantara ketiga parameter SPI. Kinerja pemeliharaan dapat diperkirakan dari reliability mapping terutama waktu yang diperlukan untuk penyelesaian defect dan kejadian berulang baik defect, DMI, atau technical interruption.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
___, 2016. Safety Management. Annex19 2nd edition. International Civil Aviation Organization. Canada.
___, 2013. Measuring Safety Performance Guidelines for Service Provider. Safety Management International Collaboration Group.
___, 2005. Getting to Grips with MMEL and MEL. Flight Operations Support and Services. Airbus. France
___, 2017. CASR part 121, Certification and Operating Requirement: Domestic, Flag, and Supplemental Air Carrier. Amendment 12. Ministry of Transportation Republic of Indonesia.
Kinnison, Harry A. 2004. Aviation Maintenance Management. McGraw-Hill. New York.
__, 2007. Safety Circular. AU/0649/DSKU/03/2007. Repetitive Discrepancy Maintenance Items. Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Departemen Perhubungan.
__, 2012. Implementation Guide Aviation Program Performance Indicators (METRICS). US Department of Energy.
Putri, Luh Putu J. 2020. Analisis Safety Performance Indicator dari Technical Interruption dan Repetitive Problem Pada Pesawat ATR72. Tugas Akhir. Fakultas Teknologi Kedirgantaraan. Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma. Jakarta
Devia, Marissa N. 2020. Analisis Safety Performance Indicator dari Deferred Maintenance Item dan Repetitive Problem Pada Pesawat ATR72. Tugas Akhir. Fakultas Teknologi Kedirgantaraan. Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma. Jakarta.
Carrol, Thomas. 2015. Reliability Mapping Charting the way from Surveillance to Success. Hongkong.
Arifin, M., Kusumalestari, A. S., Anwar, A. N. 2018. Penggunaan Reliability Mapping pada Evaluasi Schedule Maintenance dan Unschedule Maintenance. Jurnal Teknologi Kedirgantaraan. Vol 3 No 2. Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.35894/jtk.v5i1.418
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by: