ANALISIS TABRAK BURUNG PADA VERTICAL STABILIZER DENGAN METODE ELEMEN HINGGA
Sari
Kasus tabrak burung sering terjadi pada operasi penerbangan. Tabrak burung dapat menyebabkan kegagalan struktur serta mengancam keselamatan penerbangan. Pengetahuan mengenai fenomena tabrak burung perlu dikembangkan lebih lanjut terutama jenis kegagalan yang mungkin terjadi pada komponen struktur pesawat. Penelitian ini mempelajari tabrak burung pada vertical stabilizer dengan metode numerik berbasis metode elemen hingga. Struktur vertical stabilizer diasumsikan hanya terbuat dari skin dengan mengalami tabrak burung variasi kecepatan awal 75 m/s, 100 m/s, 125 m/s dan 150 m/s serta variasi sudut impak sebesar 00 dan 450. Sifat material burung diasumsikan elastis-plastis. Hasil simulasi menunjukkan deformasi vertical stabilizer berupa perpindahan meningkat dengan bertambahnya kecepatan, serta dapat disimpulkan tabrak burung pada sudut 450 menunjukkan gaya impak dan deformasi lebih tinggi dibanding 00 untuk tiap kecepatan yang sama. Gaya impak maksimum yang terjadi pada tiap kecepatan untuk arah tumbukan 00 dan 450 pada rentang 15 – 45 kN dan 40 – 78 kN. Sementara, hasil perpindahan maksimum pada tiap kecepatan untuk arah tumbukan 00 dan 450 pada rentang 73 – 161 mm dan 99 - 219 mm.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Allan, J. R. (2000) The costs of bird strikes and bird strike prevention. In Human conflicts with wildlife: Econonomic considerations (pp. 147-153). Lincoln, NE: USDA National Wildlife Research Center Symposia.
Sebastian Heimbs (2011) Bird Strike Analysis in Aircraft Engineering: An Overview. Advances in Mechanical Engineering Research, Vol 3. Nova Science Publishers, Inc.
J.P. Barber, H.R. Taylor, J.S. Wilbeck, Characterization of bird impacts on a rigid plate: part I. Technical Report AFFDL-TR-75-5, Air Force Flight Dynamics Laboratory, 1975.
J.P. Barber, H.R. Taylor, J.S. Wilbeck, Bird impact force and pressures on rigid and compliant target. Technical Report AFFDL-TR-77-60, Air Force Flight Dynamics Laboratory, 1978.
J.S. Wilbeck, Impact behavior of low strength projectiles. Technical Report AFML-TR-77-134, Wright-Patterson
Air Force Base, 1978.
J.S. Wilbeck, J.P. Barber, Impact bird loading, The Shock and Vibration Bulletin 48, 2 (1978) 115-122.
Shuhua Zhu, Mingbo Tong, Yuequan Wang, Experiment and Numerical Simulation of a Full-Scale Aircraft Windshield Subjected to Bird Impact, 50th AIAA/ASME/ASCE/ASC Structures, Structural Dynamics, and Materials Conference, California, 2009.
DOI: https://doi.org/10.35894/jtk.v2i2.15
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by: