STUDI PERHITUNGAN EFEKTIVITAS DERATE THRUST ENGINE CFM56-5B PADA PESAWAT AIRBUS A320-200
DOI:
https://doi.org/10.35894/jtk.v2i2.14Abstrak
Penggunaan gaya dorong secara maksimal secara terus menerus dapat mempersingkat usia mesin pesawat dan juga tentunya akan menambah biaya perawatan pesawat tersebut. Sebuah metode untuk meng-optimalkan pemakaian mesin dengan membatasi kinerja mesin agar mesin tidak bekerja dengan tenaga maksimal dinamakan Derate Thrust. Penelitian ini membahas mengenai perhitungan efektivitas Derate Thrust pada saat  takeoff pada pesawat A320-200 dengan menggunakan engine CFM56-5B pada bulan Januari sampai Maret 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode perhitungan yang menggunakan rumus-rumus Derate Thrust yang dikeluarkan oleh pihak manufaktur engine yaitu CFM. Selanjutnya akan dilakukan perbandingan antara data aktual dengan perhitungan manual. Hasil dari perhitungan manual efektivitas Derate Thrust untuk PK-A1, PK-A2, dan PK-A3 selama bulan Januari sampai Maret 2016 tertinggi yaitu pada bulan Februari sebesar 25.559% dengan EGT 699 0C pada pesawat PK-A1. Berdasarkan hasil tersebut maka temperature berbanding terbalik dengan effektivitas Derate Thrust dan temperature merupakan faktor penting dalam pengoperasian Derate ThrustReferensi
Chiles, Patrick, 2011, “When Less is More : Reduced Thrust Takeoff offer safety Benefits, as well as Econoics Benefitsâ€, FAA, USA.
Chenghong, Yan., 2002, “Reduced Thrust Takeoffâ€, International Council of the Aeronautical Sciences Congress.
Brady, Chris., 2008, “Assumed Temperature Thrust Reductionâ€, The Boeing 737 Technical Site.
FAA Advisory Circular., 1988, “Reduced and Derated Takeoff Thrust (Power) Procedures†, No.25-23.
Henry, Boris., 2006, “Enhanced Reduced Thrust at Takeoffâ€, Airbus S.A.S., Toulouse, France.
_____2016, airbus derate thrust http://www.oaviao.com/derated-.html diakses pada tanggal 20 Juni 2016.
_____2016, Aircraft Spesification http://airliners.net diakses pada tanggal 20 Juli 2016.
_____2016, Aircraft Spesification www.airbus.com diakses pada tanggal 20 Juli 2016.
_____2016, Pengetahuan Bandar udara http://bandara.web.id/pe-ngertian-lepas-landas.html diakses pada tanggal 14 Juni 2016.
_____2016, Bandar Udara Halim Perdana Kusuma http://bandara.web.id/bandarudarahalimperdanakusuma, diakses pada tanggal 11 juli 2016
_____2016, Bandar Udara Hang Nadim http://bandara.web.id-bandarudarahangnadim, diakses pada tanggal 11 juli 2016
_____2016, Bandar Udara Kualanamu http://kualanamuairport.co-.id/id/airport/airport-technical-information, diakses pada tanggal 11 juli 2016
Ting, Dennis., 2009, “Reduced and Derate Thrust†Performance Engineer-Operations Course.
_____2014, “Basic Engine†Engine Performance.
_____2016,’ “Total air temperature†Batam Aero Technic.