ANALISIS TABRAK BURUNG PADA LEADING EDGE DENGAN METODE ELEMEN HINGGA
Sari
Insiden tabrak burung sering terjadi pada operasi penerbangan dan dapat menyebabkan kegagalan struktur serta mengancam keselamatan penerbangan. Oleh karena itu, fenomena tabrak burung perlu dipelajari lebih lanjut terutama efek yang terjadi pada komponen struktur pesawat. Penelitian ini membahas tabrak burung pada Leading Edge dengan metode numerik berbasis metode elemen hingga. Struktur Leading Edge diasumsikan hanya terdiri dari skin dengan mengalami tabrak burung variasi kecepatan 75 m/s, 100 m/s, 125 m/s dan 150 m/s serta variasi sudut sebesar 00 dan 450. Material burung dianggap memiliki sifat material elastis-plastis. Hasil simulasi menunjukkan deformasi Leading Edge meningkat dengan bertambahnya kecepatan, serta gaya impak lebih tinggi pada arah tumbukan 00 untuk tiap kecepatan yang sama.Gaya impak maksimum pada tiap kecepatan untuk arah tumbukan 00 dan 450 pada rentang 27 – 53 kN dan 16 – 40 kN. Sementara, hasil perpindahan maksimum pada tiap kecepatan untuk arah tumbukan 00 dan 450 pada rentang 110 – 242 mm dan 82 – 201 mm.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Allan, J. R. (2000) The costs of bird strikes and bird strike prevention. In Human conflicts with wildlife: Econonomic considerations (pp. 147-153). Lincoln, NE: USDA National Wildlife Research Center Symposia.
Sebastian Heimbs (2011) Bird Strike Analysis in Aircraft Engineering: An Overview. Advances in Mechanical Engineering Research, Vol 3. Nova Science Publishers, Inc.
J.P. Barber, H.R. Taylor, J.S. Wilbeck, Characterization of bird impacts on a rigid plate: part I. Technical Report AFFDL-TR-75-5, Air Force Flight Dynamics Laboratory, 1975.
J.P. Barber, H.R. Taylor, J.S. Wilbeck, Bird impact force and pressures on rigid and compliant target. Technical Report AFFDL-TR-77-60, Air Force Flight Dynamics Laboratory, 1978.
J.S. Wilbeck, Impact behavior of low strength projectiles. Technical Report AFML-TR-77-134, Wright-Patterson
Air Force Base, 1978.
J.S. Wilbeck, J.P. Barber, Impact bird loading, The Shock and Vibration Bulletin 48, 2 (1978) 115-122.
Shuhua Zhu, Mingbo Tong, Yuequan Wang, Experiment and Numerical Simulation of a Full-Scale Aircraft Windshield Subjected to Bird Impact, 50th AIAA/ASME/ASCE/ASC Structures, Structural Dynamics, and Materials Conference, California, 2009.
DOI: https://doi.org/10.35894/jtk.v2i2.13
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by: