ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK DAMPER SPEAKER TYPE D-25236 B MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA GUNA MEMINIMALISIR PRODUK CACAT PADA PT. X
Sari
PT. X merupakan salah satu perusahaan yang meproduksi produk damper speaker dengan berbagai macam jenis di Indonesia. Salah satu dari sekain banyak jenis damper yang banyak diproduksi adalah damper speaker type D-25236B. berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti diketahui bahwa masih banyaknya terjadi jumlah kecacatan pada hasil produksinya sehingga tidak tercapainya target produksi untuk setiap produksinya. Maka disini peneliti akan melakukan pengendalian kualitas menggunakan metode six sigma dengan pendekatan Taguchi untuk meminimalisir produk cacat. Melakukan pengendalian kualitas untuk mengurangi produk cacat hal yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah melakukan tahap pendefinisian jenis cacat yang sering terjadi pada produksi damper type D-25236B, selanjutnya melakukan perhitungan untuk mengetahui level sigma dari jumlah produk cacat tersebut,. dilanjutkan dengan tahap analisis untuk mengetahui apa-apa saja hal yang menyebabkan suatu kecacatan terjadi. Jenis cacat kritis dan penyebab kecacatannya kemudian diprioritaskan untuk dilakukan perbaikan pada tahap improve menggunakan metode Taguchi. Hasil dari perbaikan kemudian dilihat pada tahap control apakah jenis cacat yang terjadi setelah perbaikan berada pada batas kendali ataupun tidak. Hasil dari analisis dan pengolahan data setelah dilakukan perbaikan mengalami peningkatan kearah positif. Hal tersebut dapat dibuktikan dari persentase kecacatan yang sebelumnya sebesar 3,90% menjadi 1,62%. Level sigma yang sebelumnya sebesar 3,48 pada nilai 9.700 DPMO setelah dilakukan perbaikan menjadi 4,10 pada nilai 4600 DPMO.
Kata kunci: Pengendalian Kualitas, Metode Six Sigma, Taguchi Methods
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Assauri, Sofjan. 1998. Manajemen
Produksi Dan Operasi, Jakarta: CV
Penerbit LP
FakultasEkonomiUniversitas
Indonesia.
Belavendram. 1995. Quality by Design:
Taguchi Techniques for Industrial
Experimentation, London: Prentice
Hall International
D.H. Besterfield. 1994. Quality Control
and Industrial Statistic (2th
Edition), New Jersey: CV Penerbit
Prentice- Hall International, Inc.
Gasperz, Vincent. 2005. Total Quality
Manjemen, Jakarta: CV
PenerbitGramediaPustakaUtama.
Gasperz, Vincent,.& Fontana, Avanti.
Lean Six Sigma For
Manufacturing and Services
Industries, Bogor:
PenerbitVinchristo Publication.
J. Heizer, dan B. Render. 2006.
Manajemen Operasi (Edisi Ke-7),
Jakarta: CV
PenerbitSalembaEmpat.
Nasrullah. 2009. Desain Eksperimen
Dengan Pendekatan Taguchi
Untuk Mengurangi Cacat Produk
Pada Proses Injection Moulding
(StudiKasus di Perusahaan
Plastik “X”).Jurnal IlmuTeknik
Sistem, Vol. 7 No. 1: Universitas
Brawijaya Malang.
M.N. Nasution. 2005.
ManajemenMutuTerpadu, Jakarta:
CV PenerbitGhalia Indonesia.
Montgomery, Douglas C. 2001.
Introduction to Statistical Quality
Control (4th Edition), New York:
Wiley & Sons, Inc.
Pande, P. S., Neuman, R. P. & Cavanagh.
The Six Sigma Way, New
York: Penerbit McGraw Hill.
Syukron, Amin.,danKholil, Muhammad.
Six Sigma: Quality for
Business Improvement.
Yogyakarta: PenerbitGrahaIlmu.
DOI: https://doi.org/10.35968/jtin.v7i2.811
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by: