ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK DAMPER SPEAKER TYPE D-25236 B MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA GUNA MEMINIMALISIR PRODUK CACAT PADA PT. X

NIKEN SEKARTAJI, BUDI SUMARTONO, BASUKI ARIANTO

Sari


PT. X merupakan salah satu perusahaan yang meproduksi produk damper speaker dengan berbagai macam jenis di Indonesia. Salah satu dari sekain banyak jenis damper yang banyak diproduksi adalah damper speaker type D-25236B. berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti diketahui bahwa masih banyaknya terjadi jumlah kecacatan pada hasil produksinya sehingga tidak tercapainya target produksi untuk setiap produksinya. Maka disini peneliti akan melakukan pengendalian kualitas menggunakan metode six sigma dengan pendekatan Taguchi untuk meminimalisir produk cacat. Melakukan pengendalian kualitas untuk mengurangi produk cacat hal yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah melakukan tahap pendefinisian jenis cacat yang sering terjadi pada produksi damper type D-25236B, selanjutnya melakukan perhitungan untuk mengetahui level sigma dari jumlah produk cacat tersebut,. dilanjutkan dengan tahap analisis untuk mengetahui apa-apa saja hal yang menyebabkan suatu kecacatan terjadi. Jenis cacat kritis dan penyebab kecacatannya kemudian diprioritaskan untuk dilakukan perbaikan pada tahap improve menggunakan metode Taguchi. Hasil dari perbaikan kemudian dilihat pada tahap control apakah jenis cacat yang terjadi setelah perbaikan berada pada batas kendali ataupun tidak. Hasil dari analisis dan pengolahan data setelah dilakukan perbaikan mengalami peningkatan kearah positif. Hal tersebut dapat dibuktikan dari persentase kecacatan yang sebelumnya sebesar 3,90% menjadi 1,62%. Level sigma yang sebelumnya sebesar 3,48 pada nilai 9.700 DPMO setelah dilakukan perbaikan menjadi 4,10 pada nilai 4600 DPMO.

Kata kunci: Pengendalian Kualitas, Metode Six Sigma, Taguchi Methods


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Assauri, Sofjan. 1998. Manajemen

Produksi Dan Operasi, Jakarta: CV

Penerbit LP

FakultasEkonomiUniversitas

Indonesia.

Belavendram. 1995. Quality by Design:

Taguchi Techniques for Industrial

Experimentation, London: Prentice

Hall International

D.H. Besterfield. 1994. Quality Control

and Industrial Statistic (2th

Edition), New Jersey: CV Penerbit

Prentice- Hall International, Inc.

Gasperz, Vincent. 2005. Total Quality

Manjemen, Jakarta: CV

PenerbitGramediaPustakaUtama.

Gasperz, Vincent,.& Fontana, Avanti.

Lean Six Sigma For

Manufacturing and Services

Industries, Bogor:

PenerbitVinchristo Publication.

J. Heizer, dan B. Render. 2006.

Manajemen Operasi (Edisi Ke-7),

Jakarta: CV

PenerbitSalembaEmpat.

Nasrullah. 2009. Desain Eksperimen

Dengan Pendekatan Taguchi

Untuk Mengurangi Cacat Produk

Pada Proses Injection Moulding

(StudiKasus di Perusahaan

Plastik “X”).Jurnal IlmuTeknik

Sistem, Vol. 7 No. 1: Universitas

Brawijaya Malang.

M.N. Nasution. 2005.

ManajemenMutuTerpadu, Jakarta:

CV PenerbitGhalia Indonesia.

Montgomery, Douglas C. 2001.

Introduction to Statistical Quality

Control (4th Edition), New York:

Wiley & Sons, Inc.

Pande, P. S., Neuman, R. P. & Cavanagh.

The Six Sigma Way, New

York: Penerbit McGraw Hill.

Syukron, Amin.,danKholil, Muhammad.

Six Sigma: Quality for

Business Improvement.

Yogyakarta: PenerbitGrahaIlmu.




DOI: https://doi.org/10.35968/jtin.v7i2.811

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: