ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK KOSMETIK EYESHADOW DENGAN METODE SIX SIGMA DI PT CEDEFINDO

SATRIO FITRANANDA, HARI MOEKTIWIBOWO, INDRAMAWAN INDRAMAWAN

Sari


PT CDF merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang industri kosmetik, saat ini memiliki permasalahan terhadap satu produk yaitu eyeshadow tentang tingginya defect yang terjadi. Adapun jenis defect antara lain cacat grepes, cacat gendut dan cacat under. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya defect, yaitu faktor manusia (Tidak teliti dan kurang pengalaman). Mesin (Perawatan mesin tidak baik). Metode (kemampuan sumber daya manusia yang berbeda). Material (proses pencampuran bahan baku tidak optimal). Lingkungan (temperatur yang tinggi dan kebisingan) Metodologi yang digunakan pada penelitian ini adalah Six Sigma dengan metode DMAIC yaitu Define (Pendefisinian jenis cacat yang ada dalam perusahaan). Measure (Pengukuran nilai UCL,CL,LCL,DPMO dan level Sigma). Analyze (Mencari faktor penyebab defect yang dominan). Improve (Melakukan perbaikan dari hasil analisis). Control (Tahap pengendalian setelah improve yang dilakukan). Dalam penelitian ini jenis defect tertinggi yaitu cacat grepes. Berdasarkan analisis didapat DPMO dan level sigma pada periode Oktober s.d Desember 2019 yaitu sebesar 65.800 dengan level sigma 3,01. Hasil dari improvement pada bulan Februari s.d April 2020 bisa dilihat adanya peningkatan kualitas yang diketahui melalui perhitungan kembali nilai DPMO dan level sigma, yaitu sebesar 24.000 DPMO dengan level Sigma 3,48. Kata Kunci: Six Sigma, DMAIC, DPMO, Eyeshadow

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agus, Ahyari. 1990. Manajemen Produksi.

Edisi Keempat jilid

kedua.Yogyakarta BPFE.

Aized, Tauseef. 2012. Total Quality

Management and Six Sigma.

Croatia: In Tech Press

Gaspersz, Vincent. 2005. Total Quality

Management. Jakarta: PT.

Gramedia Pustaka Utama

Gaspersz, Vincent, 2005. Lean Six

Sigma. Baranang Siang Indah,

Bogor: Vinchristo Publication

Gilmor, H. W., dan Lund, M. R. 1973.

Operative Dentistry. 2nd Edition.

St. Louis: The C. V. Mosby co

Ishikawa, Karou. 1968. Gemba No QC

Shuho (Guide to Quality

Control). Tokyo: Juse Press

Juran, J.M. and Frank M. Gryna. 1993.

Quality Planning and Analysis.

rd Edition. New York: Mc graw

Jang, Seiie dan Woontack Woo. 2005.

W-1H: Unified User-Centric

Context. Gwangju, Korea

Kawakita, Jiro. 1986. The Original KJ

method. Kawakita Research

Institute

Shewart, Walter Andrew. 1939.

Statistical Method from The

Viewpoint of Quality Control. (W.

Edwards Deming). Washington D.C.:

The Graduate School, the

Department of Agriculture




DOI: https://doi.org/10.35968/jtin.v10i1.705

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: