PERANCANGAN ULANG TATA LETAK PUSAT PEMELIHARAAN BUS TRANSJAKARTA DENGAN METODE ACTIVITY RELATIONSHIP CHART UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI KERJA PADA PT CITRAKARYA PRANATA

LUTHFAN DWI RAMDAN, BASUKI ARIANTO, W. TEDJA BHIRAWA

Sari


ABSTRAKSI

     Penelitian ini akan membahas perancangan ulang tata letak pusat pemeliharaan bus Transjakarta pada PT. Citrakarya Pranata. Perancangan ulang tata letak dilakukan oleh karena layout awal menunjukkan letak area satu dengan area lain kurang berhubungan dan kurangnya tempat untuk menyimpan spareparts. Penulis melakukan penelitian dalam perancangan ulang tata letak pusat pemeliharaan bus Transjakarta dengan menggunakan metode Activity Relationship Chart. Selain mempergunakan metode ARC selanjutnya, layout awal diperhitungkan dan dianalisis dengan menggunakan perhitungan jarak metode rectilinear. Pada layout akhir, jarak tempuh penerimaan dan pengiriman spareparts lebih pendek dari sebelumnya. Selain itu, hasil akhir yang didapatkan penulis dari penelitian yakni terdapat pemindahan ruang kantor, ruang rapat, ruang pemeliharaan, perluasan gudang dan penambahan gudang guna mendukung efesiensi dan efektivitas kerja.

 

Kata Kunci: Activity Relationship Chart, Metode Rectilinear, Transjakarta


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adriantantri. “Perancangan Ulang Tata Letak Fasilitas Produksi Guna Meminimunkan Jarak dan Biaya Material Handling”. Institut Teknologi Nasional Malang. 2008.

Erdiawan, Ahmad Harris & Puspitasari, Nia Budi. 2016 Perancangan Tata Letak Fasilitas Pada MPC Semarang Menggunakan Metode Activity Relationship Chart

Fakultas Teknik Universitas Pancasakti Tegal, 2016. Perancangan Tata Letak Fasilitas Menggunakan Metode Activity Relationship Chart (ARC) (Studi kasus di PT. SKU Kab Tegal)

Hadiguna, Rika Ampuh dan Heri Setiawan. 2008. Tata Letak Pabrik. Jakarta.

Heizer, Jay & Render, Barry. 2006. Manajemen Operasi, Buku 2. Edisi ketujuh, Jakarta: Salemba Empat

Heizer, Jay & Render, Barry. 2009. Manajemen Operasi, Buku 1. Edisi kesembilan, Jakarta: Salemba Empat

Muther, Richard. 1973. Systematic Layout Planning (Bottom Chaners Books)

Purnomo, Hari, 2004. Perencanaan dan Perancangan Fasilitas. Edisi satu, Yogyakarta: Graha Ilmu

University Of Bengkulu. 2016. Prinsip Layout (Economic 031-spring)

Wignjosoebroto, Sritomo, 2009. Tata letak pabrik dan pemindahan bahan. Edisi ketiga. Surabaya: Guna Widya.




DOI: https://doi.org/10.35968/jtin.v9i2.642

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: