ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS DENGAN METODE SIX SIGMA DALAM UPAYA MENGURANGI KECACATAN PADA PROSES PRODUKSI KOPER DI PT SRG
Abstract
ABSTRAK PT SRG merupakan perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur koper. Jeniskoper yang diproduksi memiliki dua variasi, terbuat dari bahan kain dan bahan fiber.Permasalahan yang terjadi yaitu besarnya jumlah produk cacat atau produk yang tidaksesuai dengan spesifikasi. Hal ini berdampak pada nilai yield yang dihasilkan, yaitu di bawahspesifikasi perusahaan (98 – 102 %). Six sigma dapat diartikan sebagai sebuahmetodologi yang terstruktur untuk memperbaiki proses yang di fokuskan pada usahamengurangi variasi pada proses sekaligus mengurangi defect pada produk denganmenggunakan pendekatan statistik dan problem solving tools secara intensif. Analisisdiagram pareto menunjukkan adanya 4 (empat) jenis defect pada proses produksi KoperKain di periode Januari sampai dengan Maret 2018 yaitu adanya benda asing pada Kopersebanyak 332 pcs, bergelembung sebanyak 376 pcs, logo sticking sebanyak 401 pcs dancetakan miring sebanyak 331 pcs, cetakan miring pada koper. Dari keempat jenis defecttersebut, terdapat satu jenis defect yang paling dominan yaitu jenis defect logo stickingdengan jumlah defect sebanyak 401 koper, dari keseluruhan total produk defect sebesar1.440 koper selama periode Januari sampai Maret 2018.Kata Kunci: Produk Koper, Six Sigma, Logo StickingReferences
DAFTAR PUSTAKA
Aized, Tauseef.
Total Quality
Management and Six Sigma, Croatia:
InTech Prepress, 2012.
Brue, Greg. Six Sigma for Managers,
McGraw-Hill Companies, Inc., 2005.
Cavanagh Roland R, Prabantini Dwi, “The
Sig Sigma Way-How GE, Motorolola,
and Other Top Companies are
Honing Their Performance.”
Yogyakarta.
Jang, Seiie, dan Woontack Woo. “5W1H:
Unified User-Centric Context.”
Gwangju, Korea, 2005.
Pyzdek, Thomas, and Paul Keller. The
Six Sigma Handbook Third Edition.
McGrawHill, 2010.
Saludin Muis, M. Kom. “Metodologi Six
Sigma: Teori dan Aplikasi di
Lingkungan Pabrikasi.” Graha
Ilmu 2014.
Sucahyo Febrianto. 2004, Identifikasi
Kualitas Keramik Di Sentra Industri
Kecil Dinoyo dan Betek Dengan
Metode Pengendalian Kualitas,
Universitas Muhammadiyah Malang:
Malang..
Syafaruddin, 2002, Manajemen Mutu
Terpadu dalam Pendidikan: Konsep,
Strategi, dan Aplikasi, PT
Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Wahyu Ariani, Dorothea, 2004,
Pengendalian Kualitas Statistik. PT.
Andi, Jakarta,.
Hana,Wahyuni Catur dan Sulistiyowati,
“Pengendalian Kualitas;
Aplikasi pada Industri Jasa dan
Manufaktur dengan Lean, Six Sigma
dan Servqual.” Graha Ilmu.