ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS DENGAN METODE SIX SIGMA DALAM UPAYA MENGURANGI KECACATAN PADA PROSES PRODUKSI KOPER DI PT SRG
Sari
ABSTRAK
PT SRG merupakan perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur koper. Jenis
koper yang diproduksi memiliki dua variasi, terbuat dari bahan kain dan bahan fiber.
Permasalahan yang terjadi yaitu besarnya jumlah produk cacat atau produk yang tidak
sesuai dengan spesifikasi. Hal ini berdampak pada nilai yield yang dihasilkan, yaitu di bawah
spesifikasi perusahaan (98 – 102 %). Six sigma dapat diartikan sebagai sebuah
metodologi yang terstruktur untuk memperbaiki proses yang di fokuskan pada usaha
mengurangi variasi pada proses sekaligus mengurangi defect pada produk dengan
menggunakan pendekatan statistik dan problem solving tools secara intensif. Analisis
diagram pareto menunjukkan adanya 4 (empat) jenis defect pada proses produksi Koper
Kain di periode Januari sampai dengan Maret 2018 yaitu adanya benda asing pada Koper
sebanyak 332 pcs, bergelembung sebanyak 376 pcs, logo sticking sebanyak 401 pcs dan
cetakan miring sebanyak 331 pcs, cetakan miring pada koper. Dari keempat jenis defect
tersebut, terdapat satu jenis defect yang paling dominan yaitu jenis defect logo sticking
dengan jumlah defect sebanyak 401 koper, dari keseluruhan total produk defect sebesar
1.440 koper selama periode Januari sampai Maret 2018.
Kata Kunci: Produk Koper, Six Sigma, Logo Sticking
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Aized, Tauseef.
Total Quality
Management and Six Sigma, Croatia:
InTech Prepress, 2012.
Brue, Greg. Six Sigma for Managers,
McGraw-Hill Companies, Inc., 2005.
Cavanagh Roland R, Prabantini Dwi, “The
Sig Sigma Way-How GE, Motorolola,
and Other Top Companies are
Honing Their Performance.”
Yogyakarta.
Jang, Seiie, dan Woontack Woo. “5W1H:
Unified User-Centric Context.”
Gwangju, Korea, 2005.
Pyzdek, Thomas, and Paul Keller. The
Six Sigma Handbook Third Edition.
McGrawHill, 2010.
Saludin Muis, M. Kom. “Metodologi Six
Sigma: Teori dan Aplikasi di
Lingkungan Pabrikasi.” Graha
Ilmu 2014.
Sucahyo Febrianto. 2004, Identifikasi
Kualitas Keramik Di Sentra Industri
Kecil Dinoyo dan Betek Dengan
Metode Pengendalian Kualitas,
Universitas Muhammadiyah Malang:
Malang..
Syafaruddin, 2002, Manajemen Mutu
Terpadu dalam Pendidikan: Konsep,
Strategi, dan Aplikasi, PT
Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Wahyu Ariani, Dorothea, 2004,
Pengendalian Kualitas Statistik. PT.
Andi, Jakarta,.
Hana,Wahyuni Catur dan Sulistiyowati,
“Pengendalian Kualitas;
Aplikasi pada Industri Jasa dan
Manufaktur dengan Lean, Six Sigma
dan Servqual.” Graha Ilmu.
DOI: https://doi.org/10.35968/jtin.v9i1.487
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by: