PENGENDALIAN KUALITAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA PADA PROSES PRODUKSI KOMPONEN PLATE DI LINE 3 PT GS BATTERY

DIAN MAULANA, BUDI SUMARTONO, HARI MOEKTIWIBOWO

Sari


PT GS Battery merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang industri manufaktur komponen kendaraan bermotor yaitu baterai dengan skala besar yang memiliki pangsa pasar di Indonesia dan Dunia dengan bahan baku utama adalah timah yang dibentuk menjadi plate, dimana untuk dapat mengatasi defect pada bahan baku utama tersebut maka perusahaan melakukan pengendalian kualitas pada komponen plate di proses pasting terutama di line 3. Penerapan metode six sigma dalam rangka mengatasi defect komponen plate perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas di perusahaan.
Metodologi yang digunakan adalah Six Sigma dengan metode DMAIC yaitu dengan Define (pendefinisian jenis cacat), Measure (pengukuran level sigma), Analize (menganalisis kemampuan perusahaan dalam menghasilkan produk), Improve (melakukan perbaikan dari hasil analisis) dan Control (tahap pengendalian terhadap improve).
Dalam penelitian ini, jenis defect tertinggi adalah plate bolong, dimana plate bolong itu adalah permukaan lapisan pasta pada grid amblas. Hasil analisis, didapat nilai DPMO dan level sigma pada line 3 di Seksi Pasting, PT GS Battery sebelum improve pada Bulan Juli sampai September Tahun 2016 adalah 5.304 DPMO dengan level sigma sebesar 4,06 sigma. Hasil FMEA, didapat prioritas penyebab kegagalan pada plate bolong adalah tidak ada SOP pergantian kain roller press kotor dan hanya perkiraan visual saja, sehingga improve yang diberikan peneliti adalah dibuatkan SOP mengenai pengecekan dan pergantian kain roller press satu jam sekali secara berkala.
Hasil improvement pada Bulan Nopember Tahun 2016 dapat dilihat adanya peningkatan kualitas diketahui melalui perhitungan kembali nilai DPMO dan level sigma yaitu 4.798 DPMO dengan level sigma 4,09 sigma.
Kata kunci : pengendalian Kualitas, Six Sigma, DMAIC, FMEA, Komponen Plate


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Basu, Ron. 2004. Implementing Quality: A Practical Guide to Tools and Techniques : Enabling the Power of Operational Excellence. London : Thomson Learning.

Gaspersz, Vincent dan Avanti Fontana. 2011. Lean Six Sigma for Manufacturing and Service Industries. Bogor : Vinchristo Publication.

Gaspersz, Vincent. 2011. Total Quality Management. Bogor : PT Niaga Swadaya.

Gaspersz, Vincent. 2007. GE Way and Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence. Jakarta :PT Gramedia Pustaka Utama.

Horch, John W. 2003. Practical Guide to Software Quality Management.Boston : Artech House, Inc.

Muis, Salahudin. 2014. Metodologi Six Sigma : Teori dan Aplikasi di Lingkungan Pabrikasi. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Pakki, Gunawan, Rudy Soenoko dan Purnomo Budi Santoso. 2014. Usulan Penerapan Metode Six Sigma untuk Meningkatkan Kualitas Klongsong (Studi Kasus Industri Senjata). Malang : Universitas Brawijaya.

Pande, Peter S., Robert P. Neuman dan Roland R. Cavanagh. 2002. The Six Sigma Way. Yogyakarta : Edisi Bahasa Indonesia. Andi.

Suwartono. 2014. Dasar – Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Andi.

Syukron, Amin dan Ir. Muhammad Kholil, MT. 2013. Six Sigma : Quality for Business Improvement. Yogyakarta : Edisi Pertama. Graha ilmu.

Thilagavathi, G., dan T. Karthik. 2015. Process Control and Yarn Quality in Spinning. New Delhi : Woodhead Publishing India Pvt. Ltd.

Wahyani, Widhy, Abdul Chobir dan Denny Dwi Rahmanto. 2013. Penerapan Metode Six Sigma dengan Konsep DMAIC sebagai Alat Pengendalian Kualitas. Surabaya : Institut Teknologi Adhi Tama.

Wibisono, Yogi Yusuf dan Theressa Suteja. 2013. Implementasi Metode DMAIC-Six Sigma dalam Perbaikan Mutu di Industri Kecil Menengah : Studi Kasus Perbaikan Mutu Produk Spring Adjuster di PT. X. Bandung : Universitas Katolik Parahyangan.

Wignjosoebroto, Sritomo. 2003. Pengantar Teknik dan Manajemen Industri. Surabaya : Edisi Pertama. Guna Widya.




DOI: https://doi.org/10.35968/jtin.v6i1.216

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: