PERANCANGAN DESAIN KEMASAN PRODUK MINUMAN TEH DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)
Sari
Teh merupakan salah satu minuman yang digemari banyak orang Bermacammacam produk teh siap minum beredar di Pasaran. Dengan ketatnya persaingnan didunia industri minuman teh siap minum, produsen dituntut untuk berlomba-lomba menyediakan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen dengan tujuan untuk meningkatkan profit perusahaan dan mempertahankan eksistensi produknya di pasaran. Packaging atau kemasan merupakan salah unsur penting dalam sebuah produk minuman Ready to Drink, untuk itu perancangan dan pengembangan kemasan juga dirasa penting dalam rangka mencapai tujuan peningkatan profit dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Pada penelitian ini, perancangan desain kemasan dilakukan dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD) yang diakui sebagai metode yang tepat dalam melakukan perancangan dan pengembangan produk yang didasarkan pada customer requirement. Pada tahap awal dilakukan survey pendahuluan terhadap 100 responden untuk mengetahui atribut-atribut mana saja yang menjadi kebutuhan konsumen terhadap kemasan produk minuman. Untuk memperkuat penelitian, dilakukan juga benchmarking terhadap produk perusahaan terhadap 2 produk pesaing utama yang ada dipasaran, tujuannya untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan produk perusahaan dan menjadikan kelebihan produk pesaing sebagai referensi untuk pengembangan kemasan produknya dan akan dimasukan kedalam martiks House of Quality. Berdasarkan hasil tersebut makan dibuatlah 3 konsep kemasan yang akan dikembangkan lebih lanjut. Tim pengembangan akan melakukan seleksi dan penilaian terhadap 3 konsep tersebut untuk nantinya dipilih 1 konsep yang akan dikembangkan. Berdasarkan hubungan antara kebutuhan konsumen dengan kebutuhan teknis (technical atribute) maka diperoleh kemasan cup dengan spesifikasi : volume 150 ml, tinggi 95 mm, bahan dasar poly propphylene dan memiliki kekuatan untuk ditumpuk beban hingga 25 Kgf.
Kata Kunci : Quality Function Deployment, Kemasan, House Of Quality
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Dorothea, W. A, “Manajemen Kualitas”, Universitas Atmajaya Yogyakarta, 1999. Manajemen Bisnis Total. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama Otto, Kevin N, Kristin L Wood, “Product Design”, Prentice-Hall, Upper Saddle River, New Jersey, 2001. Santoso, Singgih, “Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik”, Penerbit PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2000. Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Bisnis.Bandung : PT Alfabeta Sujarweni, W.V. Metodologi Penelitian. Yogyakarta : PT Pustaka Baru Ulrich, K.T., & Eppinger, S.D. (2001). Product Design and Development. (2ndedition). Boston: McGraw-Hill. Wijaya, Tony., 2011. Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta : PT Indeks Yamit, Zulian., 2013. Manajemen Kualitas Produk & Jasa. Yogyakarta : PT Ekonisia
DOI: https://doi.org/10.35968/jtin.v5i1.204
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by: