PENGENDALIAN KUALITAS KOMPONEN MOBIL DENGAN METODE SQC (STATISTICAL QUALITY CONTROL)
Sari
Demi menjaga kepercayaan konsumen untuk menghasilkan produk yang berkualitas, PT XYZ telah menerapkan manajemen mutu yang baik dan sesuai dengan pedoman standar mutu yang berlaku. Adapun kendala yang masih dihadapi oleh perusahaan yaitu masih tingginya cacat pada pendistribusian komponen mobil ke dealer, sehingga masalah tersebut dapat menurunkan kualitas komponen. Oleh karena itu, diperlukan suatu cara yang dapat mengurangi jumlah kecacatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pengendalian kualitas menggunakan alat bantu statistik yang digunakan dalam mengimplementasikan perubahan untuk mengurangi produk cacat. Pokok permasalahan penelitian ini adalah (a). Kerusakan komponen apa yang mempunyai jumlah besar di Parts Warehouse?, (b). Berapa jumlah prosentase kerusakan komponen yang terbesar?, dan (c) Apa penyebab kerusakan pada komponen mobil? Hasil analisis peta kendali p menunjukkan bahwa jumlah komponen yang diperiksa sebanyak 2543 pieces Lamp Unit dengan nilai CL (0,0951), UCL (0,0971), dan LCL (0,0941. Berdasarkan diagram pareto, prosentase kerusakan komponen tertinggi pada kerusakan patah (55,79%). Prioritas perbaikan yang perlu dilakukan adalah untuk jenis kerusakan patah sebanyak 135 pieces dan dari analisis diagram sebab akibat dapat diketahui faktor penyebab kerusakan komponen berasal dari faktor manusia dan metode kerja, sehingga perusahaan dapat mengambil tindakan pencegahan serta perbaikan untuk menekan tingkat kerusakan dan meningkatkan kualitas komponen.
Kata Kunci : Kualitas Komponen, Alat Bantu Statistik, Pengendalian Kualitas
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Assauri, Sofjan, “Manajemen Produksi Operasi”, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2004. Assauri, Sofjan., “Manajemen Produksi dan Operasi”, Edisi Revisi, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2008. Faiz al fakhri., “Analisis Pengendalian Kualitas Produksi di PT. Masscom Grahpy Dalam Upaya Mengendalikan Tingkat Kerusakan Produk Menggunakan Alat Bantu Statistik”, Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro, Semarang, 2010. Gitosudarmo, H Indriyo., “Manajemen Operasi”, BPFE Fakultas Ekonomi, Yogyakarta, 2002. Haizer Jay, Render Barry., “Manajemen Operasi”, Salemba Empat, 2006.
Prasetya, Herry dan Fitri Lukiastuti., “Manajemen Operasi”, Penerbit CAPS, Edisi Pertama, 2011. Purnomo, Hadi., “Pengantar Teknik Industri”, Edisi Kedua, Graha Ilmu, 2004. Render, Barry dan Jay Heizer., “Prinsipprinsip Manajemen Operasi”, Salemba Empat, 2001. Schroeder, Roger G., “Manajemen Operasi”, Jilid 2, Edisi Ketiga, Penerbit Erlangga, 1997. Sugiyono., “Metode Penelitian Kuantiatif, Kualitatis dan R&D”, Penerbit Alfabeta Bandung, 2011. Syukron, Amin., “Pengantar Manajemen Industri”, Graha Ilmu, 2014. Yamit, Zulian., “Manajemen Kualitas Produk & Jasa”, Ekonisia, Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia, 2013.
DOI: https://doi.org/10.35968/jtin.v5i1.202
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by: