Analisis Kepuasan Website Canva Menggunakan Metode Webqual 4.0

RIA FRISKA MAGDALENA PANJAITAN, MARIANA SIMANJUNTAK

Sari


Di era digital saat ini, penggunaan internet telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, termasuk dalam bidang desain grafis. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan menganalisis kepuasan pengguna terhadap website Canva menggunakan metode Webqual 4.0. c. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SPSS 26. Dalam penelitian ini, metode WebQual telah dimodifikasi dengan menambahkan dimensi kepuasan pengguna yang meliputi tiga dimensi utama dari WebQual 4.0, yaitu Usability, Information, dan Service Interaction.enelitian dilakukan dengan melibatkan 60 responden yang memiliki pengalaman menggunakan Canva. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas kegunaan, kualitas informasi, dan kualitas visual memiliki hubungan signifikan dengan kepuasan pengguna. Namun, kualitas interaksi layanan tidak menunjukkan hubungan yang signifikan. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar Canva meningkatkan kualitas interaksi layanan untuk meningkatkan kepuasan pengguna secara keseluruhan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi yang bermanfaat untuk pengembangan lebih lanjut situs web Canva.

Keyword: Canva, Webqual 4.0, Website, Model Penelitian


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji Validitas dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179. https://doi.org/10.25077/jmu.8.1.179-188.2019

Amelia, L., & Pradesan, I. (2019). Pengukuran Kualitas Layanan Website Terhadap Kepuasan Pengguna pada Universitas XYZ dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Sistem dan Informatika (JSI), 14(1), 57–63. https://doi.org/10.30864/jsi.v14i1.249

Astina, C. (2022). Peningkatan UMKM Bidang Pemasaran dan Perekonomian melalui Pemanfataan Aplikasi Canva. SOROT : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1–6. https://doi.org/10.32699/sorot.v1i2.2626

Development, C., Rahmawati, L., Ambulani, N., Febrian, W. D., Widyatiningtyas, R., & Rita, R. S. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Canva dalam Penyusunan Media. 5(1), 129–136.

Erida, M. (2021). Uji Validitas dan Uji Reliabilitas Instrumen Motivasi Pengidap HIV/AIDS. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 1(1), 18.

Faruk Ulum, & Rinaldi Muchtar. (2018). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Customer Satisfaction Website Start-Up Kaosyay. Jurnal Tekno Kompak, 12(2), 68–72.

Giyanti, I., & Suparti, E. (2018). Penilaian Kualitas Aplikasi Halal Mui Dengan Webqual 4.0 Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Penggunaan. J@ti Undip : Jurnal Teknik Industri, 13(2), 91. https://doi.org/10.14710/jati.13.2.91-98

Ismai. (2018). Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Informasi. Journal Of Informatic Pelita Nusantara, 3(1), 82–86.

Kartika, M., Utomo, A., & Tambotoh, J. J. C. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna Pada Website Registrasi Pendakian Taman Nasional Gunung Merbabu dengan Metode Webqual 4.0. Jurnal Riset Komputer), 10(1), 2407–389. https://doi.org/10.30865/jurikom.v10i1.5814

Kesuma Lucky Indra, Umilizah Nia, & Cristianti Marissa. (2023). Analisis Kualitas Pelayanan Website Tokopedia.co.id dan Shopee.co.id Menggunakan Metode Webqual 4.0 Dan TAM. Jurnal Informatika dan Sistem Informasi, 3(1), 64–76. https://jifsi.unisti.ac.id/index.php/JIFSI

Komalasari, Y., Muharrom, M., & Sumbaryadi, A. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Fungsionalitas Media Sosial Pada Pengurus dan Anggota Karang Taruna Kel. Kebon Bawang Jakarta Utara. Abditeknika Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 71–77. https://doi.org/10.31294/abditeknika.v1i2.380

Manik, A., Salamah, I., & Susanti, E. (2017). Pengaruh Metode Webqual 4.0 Terhadap Kepuasan Pengguna Website Politeknik Negeri Sriwijaya. Jurnal Elektro dan Telekomunikasi Terapan, 4(1), 477. https://doi.org/10.25124/jett.v4i1.994

Poerna Wardhanie, A., Fahminnansih, F., & Rahmawati, E. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva untuk Desain Grafis dan Promosi Produk pada Sekolah Islami berbasis Kewirausahaan. Society : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 51–58. https://doi.org/10.37802/society.v2i1.170

Purwandani, I., & Syamsiah, N. O. (2021). Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0 Studi Kasus: MyBest E-learning System UBSI. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (Justin), 9(3), 300. https://doi.org/10.26418/justin.v9i3.47129

Rohman, F., & Kurniawan, D. (2017). Pengukuran Kualitas Website Badan Nasional Penanggulangan Bencana Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer, 3(1), 31–38. http://www.bsi.ac.idhttp//www.nusamandiri.ac.id

Rustyawati, D. (2024). Menjelajahi Dinamika Pengambilan Keputusan Keuangan Ukm : Pendekatan Kualitatif Pada Aspek. 1(2), 88–97.

Setiawansyah, S., Sulistiani, H., & Saputra, V. H. (2020). Penerapan Codeigniter Dalam Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan Di SMK 7 Bandar Lampung. Jurnal CoreIT: Jurnal Hasil Penelitian Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, 6(2), 89. https://doi.org/10.24014/coreit.v6i2.10679

Soedewi, S., Mustikawan, A., & Swasty, W. (2022). Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan. 10(April), 1–7.

Surentu, Y. Z., Warouw, D. M. D., & Rembang, M. (2020). Pentingnya Website Sebagai Media Informasi Destinasi Wisata Di Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Minahasa. Acta Diurna Komunikasi, 2(4), 1–17. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/31117/29843

Wijaya, N., Irsyad, H., & Taqwiym, A. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Canva Dalam Mendesain Poster. Fordicate, 1(2), 192–199. https://doi.org/10.35957/fordicate.v1i2.2418

Zakyah, A. M. (2019). Kualitas Pelayanan Sistem Informasi Akademik Pada Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Metode Webqual 4.0. JUSTINDO (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Indonesia), 4(1), 1. https://doi.org/10.32528/justindo.v4i1.2416




DOI: https://doi.org/10.35968/jtin.v13i2.1437

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: