UJI VALIDITAS DAN UJI RELIABILITAS DALAM ANALISIS KUALITAS WEBSITE LEARNING MANAGEMENT SYSTEM STUDI INDEPENDENT STECHOQ DENGAN METODE WEBQUAL 4.0
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas website Learning Management System (LMS) pada PT. Stechoq Robotika Indonesia menggunakan metode WebQual 4.0. WebQual 4.0 adalah teknik yang menilai kualitas website berdasarkan tiga dimensi utama: kegunaan (usability), kualitas informasi (information quality), dan kualitas interaksi layanan (service interaction quality). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara dan kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa program Studi Independent MSIB yang menggunakan platform tersebut. Data dianalisis menggunakan uji validitas dan reliabilitas dengan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga dimensi tersebut dinyatakan valid dan reliabel sehingga dapat dijadikan alat ukur dalam penelitian analisis kualitas website learning management system.
Kata Kunci: Learning Management System, Metode WebQual 4.0, Information Quality
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Azmi, R. K., Krisnanik, E., dan Indarso, A. O. (2021). Analisis Kualitas Website E-Learning Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode WebQual 4.0 Dan Importance-Performance Analysis (IPA) Berdasarkan Perspektif Mahasiswa. Senamika, April, 353–362. https://conference.upnvj.ac.id/index.php/senamika/article/view/1374
Fadlan, M., dan Saputra, I. T. (2022). Pengukuran Kualitas Website E-learning pada Perguruan Tinggi di Kalimantan Utara . 11, 304–309.
Khoiriyah, K. N., Pratama, A., dan Faroqi, A. (2023). User Experience Pengguna Learning Management System Seal Menggunakan Metode Heart Metrics. Kajian Ilmiah Informatika Dan Komputer, 3(6), 836–842. https://doi.org/10.30865/klik.v3i6.914
Kresna, M., dan Oktaviani, N. (2023). Analisis Kualitas E-learning Lembaga Pendidikan Terpadu Nurul Ilmi Banyuasin Menggunakan Metode Webqual 4.0. Journal of Information System Research (JOSH), 4(2), 357–363. https://doi.org/10.47065/josh.v4i2.2688
Maryeni, Y. (2013). Aplikasi E-Learning sebagai Model Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Vokasi, 9(1), 27–39.
Paguini, Z. R., dan Sisephaputra, B. (2024). Pengukuran Kepuasan Pengguna Terhadap Platform Stechoq Academy Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction ( EUCS ) dan Webqual 4.0 (Studi Kasus : PT. Stechoq Robotika Indonesia). 05(02), 52–65.
Purwandani, I., dan Syamsiah, N. O. (2021). Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0 Studi Kasus : MyBest E-learning System UBSI . Website Quality Measurement Based on Webqual 4.0 Method . A Research on MyBest E-learning System UBSI . 09(3), 300–306. https://doi.org/10.26418/justin.v9i3.47129
Raisa Mahendra, P., dan Hendri. (2022). Penerapan Metode Webqual 4.0 Untuk Evaluasi Kualitas Website KMS E-Learning PT. Pegadaian. Jurnal Sistem Informasi, 11(2), 70–76. https://doi.org/10.51998/jsi.v11i2.487
Salamah, I., Lindawati, L., Fadhli, M., dan Kusumanto, R. (2020). Evaluasi Pengukuran Website Learning Management System Polsri Dengan Metode Webqual 4.0. Jurnal Digit, 10(1), 1. https://doi.org/10.51920/jd.v10i1.151
Wahyudi, B., dan Yanthi, M. D. (2021). Penerimaan Teori TAM Terhadap Penggunaan Mobile. Akuntanbilitas, 15(1), 55–72.
Wulandari, Y., Mahardika, F., Akbar, Y. H., dan Helmiawan, M. A. (2022). Analisis Pengukuran Kualitas Website (Webqual 4.0) E-Learning STMIK Sumedang Terhadap Kepuasan Pengguna. April, 0–10.
Yasir, F. N. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Kualitas Google Classroom Sebagai Media E-Learning Menggunakan Webqual 4 . 0 (Studi Kasus : Fakultas Teknik Komputer UNCP ). 0, 198–201.
DOI: https://doi.org/10.35968/jtin.v13i2.1331
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by: