UJI VALIDITAS DAN UJI RELIABILITAS DALAM ANALISIS KUALITAS WEBSITE GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI WADAH E-LEARNING BOOTCAMP BINAR ACADEMY DENGAN METODE WEBQUAL 4.0

GLADYS SILVANA SINAGA, MARIANA SIMANJUNTAK

Sari


Metode pembelajaran tradisional yang dilakukan melalui pertemuan langsung telah menjadi standar dalam menilai efektivitas pendidikan. Namun, dengan kemajuan teknologi, pendekatan pembelajaran berevolusi melalui penggunaan e-learning yang memungkinkan akses materi kapan saja dan di mana saja, serta memberikan fleksibilitas dan efektivitas yang lebih tinggi. Google Classroom, sebagai layanan e-learning berbasis internet, dirancang untuk membantu pengajar dalam pembuatan dan distribusi tugas secara digital. Dalam konteks ini, Binar Academy menggunakan Google Classroom sebagai sarana utama penyampaian materi dan interaksi antara pengajar dan peserta.

Penelitian ini menggunakan metode Webqual 4.0 untuk mengevaluasi kualitas website Google Classroom berdasarkan persepsi pengguna di Binar Academy. Analisis dilakukan melalui uji validitas dan reliabilitas untuk memastikan kualitas instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Usability Quality, Information Quality, dan Service Interaction Quality memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna. Kesimpulannya, ketiga dimensi ini berkontribusi secara signifikan terhadap kepuasan pengguna Google Classroom dalam konteks e-learning di Binar Academy.

Kata Kunci: Google Classroom, Metode Webqual 4.0, Binar Academy


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asnawi, N. (2018). Pengukuran Usability Aplikasi Google Classroom

Sebagai E-learning Menggunakan USE Questionnaire (Studi Kasus: Prodi Sistem Informasi UNIPMA). RESEARCH : Computer, Information System & Technology Management, 1(1), 17. https://doi.org/10.25273/research.v1i1.2451

Hakim, A. B. (2016). Efektivitas Penggunaan ELearning Moodle,Google Classroom Dan Edmodo. Jurnal I-Statement, Vol.02, 2.

Manik, A., Salamah, I., & Susanti, E. (2017). Pengaruh Metode Webqual 4.0 Terhadap Kepuasan Pengguna Website Politeknik Negeri Sriwijaya. Jurnal Elektro Dan Telekomunikasi Terapan, 4(1), 477. https://doi.org/10.25124/jett.v4i1.994

Marliana, R. R. (2019). Partial Least Square-Structural Equation Modeling Pada Hubungan Antara Tingkat Kepuasan Mahasiswa Dan Kualitas Google Classroom Berdasarkan Metode Webqual 4.0. Jurnal Matematika, Statistika Dan Komputasi, 16(2), 174. https://doi.org/10.20956/jmsk.v16i2.7851

Maryeni, Y. (2013). Aplikasi E-Learning sebagai Model Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Vokasi, 9(1), 27–39.

Putri, U. S., Putra, R. A. Y., & Mashuri, C. (2022). Evaluasi Google Classroom Menggunakan Webqual 4.0 dalam Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19. Generation Journal, 6(2), 83–92. https://doi.org/10.29407/gj.v6i2.16683

Rohani, M., & Zulfah. (2021). Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran e-Learning melalui Media Google Classroom untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP Negeri 1 Kuok. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 44. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.994

Su’uga, H. S., Ismayati, E., Agung, A. I., & Rijanto, T. (2020). Media E-learning Berbasis Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(3), 605–610. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/36253/32246

Warjiyono, & Hellyana, C. M. (2018). Pengukuran Kualitas Website Pemerintah Desa Jagalempeni Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(2), 139–146. https://doi.org/10.25126/jtiik.201852666

Yasir, F. N. Y., & Rusmala. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Kualitas Google Classroom Sebagai Media E-Learning Menggunakan Webqual 4.0 (Studi Kasus: Fakultas Teknik Komputer UNCP). Konferensi Nasional Ilmu Komputer (KONIK) 2021, 5(1), 198–201.

Zhafiri, L., & Ekohariadi. (2021). Studi Literatur Efektifitas E-Learning Melalui Edmodo Dan Google Classroom Dalam Pembelajaran Di SMK. IT-Edu: Jurnal Information Technology, 05(02), 564–572. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/39752




DOI: https://doi.org/10.35968/jtin.v13i2.1330

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: