PERANCANGAN TATA LETAK FASILITAS RUANG PRODUKSI DENGAN METODE 5S PADA PT. SUMBER VAPOR ABADI

DHAVA HAIQAL NUR IMAN, KAREL L. MANDAGIE, DEBBIE KEMALA SARI, WASPADA TEDJA BHIRAWA

Sari


Perancangan Tata Letak Fasilitas Ruang Produksi dengan Metode 5S di PT Sumber Vapor Abadi” merupakan penelitian yang membahas mengenai Tata Letak Area Produksi. Tujuan awal dari penelitian ini berawal dari beberapa permasalahan yang terjadi pada ruang produksi juga kondisi tata letak yang merupakan titik dimana ruang produksi diharapkan menghindari kerugian di perusahaan dan meminimalisir biaya yang terjadi serta mempercepat operasional pada ruang produksi.

Metode penelitian yang digunakan untuk pengaturan area produksi menggunakan pendekatan dasar konsep 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke). Penelitian ini dilakukan dengan model observasi secara berkala dimana dilakukan pengukuran jarak lintasan material untuk mengetahui kondisi area produksi dalam PT Sumber Vapor Abadi. Melalui metode ini, area produksi akan berjalan lebih terorganisir dan terpelihara sehingga dapat mengurangi peluang terjadinya pemborosan pada area produksi. Metode ini juga dapat mengontrol dan mempertahankan agar area produksi tetap teratur.

Hasil dari penelitian ini adalah meningkatnya efisiensi alur produksi pada area produksi dan terciptanya area kerja yang efektif. Target produksi yang dicapai dengan tata letak awal  memiliki total jarak lintas sepanjang 150 m dengan menggunakan metode 5S dan Activity Relationship Chart (ARC) dapat meminimumkan jarak lintasan menjadi sebesar 143 m sehingga menghemat  jarak  7 m.

Kata Kunci : Metode 5S, Activity Relationship Chart, Sistem Produksi Vape.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Apple, J.M. 1990. Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan, Edisi Ketiga. Institut Teknologi Bandung, Bandung

Arianto Basuki, Bhirawa Waspada Tedja, Yulianto Darmawan, dan Indramawan, 2023, Perancangan Tata Letak Fasilitas dan Aplikasinya, Program Studi Teknik Industri, Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma, Jakarta.

Birchfield, J. C. 2008. Design and Layout of Food Service Facilities. New Jersey: John Wiley and Sons.

Herjanto, E. 2008. Manajemen Operasi, Edisi ketiga. Jakarta: PT. Grasindo

Kapri Mittra Abdi, Bhirawa Waspada Tedja, Suhanto dan Arianto Basuki, 2023, Perancangan Tata Letak Gudang Dengan Metode Systematic Layout Planning Untuk Meningkatkan Penempatan Suku Cadang Yang Efektif Dan Efisienpadacentral Of Warehouse PT. XYZ, Jurnal Teknik Industri, Volume 12, Nomor 2, Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma, Jakarta.

Murfidin Haming dan Mahfud Nurnajamuddin. 2014. Manajemen Produksi Modern: Operasi Manufaktur dan Jasa. Jakarta: Bhumi Aksara

Ramdan Luthfan Dwi, Arianto Basuki dan Bhirawa Waspada Tedja, 2020, Perancangan Ulang Tata Letak Pusat Pemeliharaan Bus Transjakarta dengan Metode Activity Relationship Chart untuk Meningkatkan Efektivitas Dan Efisiensi Kerja pada PT Citrakarya Pranata, Jurnal Teknik Industri, Volume 9, Nomor 2, Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma, Jakarta.

Render, Barry and Jay Heizer. 2001. Prinsip-prinsip Manajemen Operasi. Diterjemahkan oleh Kresnohadi Ariyoto. Jakarta: Salemba Empat.

Russell, R.S. dan B.W. Taylor III. 2000. Operation Management: Multimedia Version. Upper Sadle River, NJ: Prentice Hall.

Slack, N., Jones, A. B., & Johnston, R. 2013. Operations management. Harlow: Pearson Education Limited.

Suwarno, Arianto Basuki dan Mandagie Karel L., 2019, Perancangan Tata Letak Gudang Produk Jadi Cat Dengan Metode Dedicated Storage di PT. Akzonobel Car Refinishes Indonesia, Jurnal Teknik Industri, Volume 8, Nomor 2, Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma, Jakarta.

Wibowo, A. D., Nurcahyo, R., & Khairunnisa, C. 2016. Warehouse Layout Design Using Shared Storage Method. Proceeding of 9th International Seminar on Industrial Engineering and Management.

Wignjosoebroto. Sritomo. 2009. Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan, Edisi Ketiga. Guna Widya, Surabaya.

Wignjosoebroto. Sritomo. 2003. Pengantar Teknik Manajemen Industri. Edisi Pertama. Jakarta. Penerbit Graha Widya.




DOI: https://doi.org/10.35968/jtin.v13i1.1260

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: