OPTIMALISASI LAYANAN TOKO GAWAI DENGAN MEMPERHATIKAN JUMLAH PEMBELI YANG MENGANTRI PADA JAM SIBUK

MUHAMAT FRANDIKA M. FRAHISTA, BASUKI ARIANTO, ERWIN WIJAYANTO, SYAMSUNASIR SYAMSUNASIR, DARMAWAN YULIANTO

Sari


Antrian adalah bagian penting dari manajemen operasi antrian,antrian terjadi di sektor manufaktur dan sektor jasa. Antrian adalah orang atau barang yang berada dalam satu barisan yang menunggu untuk dilayani dan kemudian meninggalkan barisan setelah dilayani.penelitian ini berlanjut untuk menganalisis sistem antrian yang diterapkan dalam memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan dengan menghitung jumlah rata rata jumlah kedatangan dan jumlah rata rata total waktu orang yang dilayani serta melakukan optimalisasi jumlah layanan yang beroperasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model antrian yang digunakan oleh toko Ssg adalah model antrian model Multi channel – Multi Phase dengan menerapkan disiplin antrian yaitu Firs Come – Firs Serve (FCFS). Laju kedatangan pelanggan pada hari sibuk dan jam sibuk adalah 20,69 pelanggan/jam. Model antrian yang sesuai pada loket pelayanan toko gawai adalah model antrian (M / M / 2): (GD//), akan tetapi pihak toko gawai harus mengubah jumlah pelayan pada tahap pengecekan HP yang semula dua orang pelayan menjadi tiga orang pelayan sehingga akan diperoleh rata-rata banyaknya pelanggan dalam antrian sebanyak 0,68 orang atau 1 orang dan rata-rata waktu yang diperlukan pelanggan berada dalam antrian selama 1,97 menit atau sekitar 2 menit.

 

Kata Kunci : Layanan Toko, Sistem Antrian, FCFS, Toko Gawai


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ambariki. 2008. Analisis Tingkat Kepuasan Nasabah Atas Pelayanan

Teller pada Bank Permata Area Jakarta, Universitas

Gunadarma.Jakarta.

Dwi, V. R., Sugito, & Yasin H. 2013. Analisis Model Waktu Antar

Kedatangan dan Waktu Pelayanan pada Bagian Pendaftaran

Instalasi Rawat Jalan RSUP Dr. Kariadi Semarang. Prosiding

Seminar Nasional Statistika.Semarang : Universitas Diponegoro.

Irzani, I., dan Astuti, A.M. 2012. Optimalisasi Kualitas Layanan Melalui Analisis Antrian pada Pusat Pelayanan Mahasiswa di Fakultas Tarbiyah IAIN Mataram. Jurnal Tadris Matematika, 5(2), 124- 148.

Jazwir, M., Moektiwibowo, H. And Bhirawa, W., 2019, Analisis Kinerja Antrian pada Pelayanan Pembayaran Parkir Kendaraan di Bandara Halim Perdanakusuma, Jurnal Teknik Industri Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma, Volume 8 Nomor 1.

Manalu, C., & Palandeng, I. 2019) Analisis Sistem Antrian Sepeda Motor Pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 74.951.02 Malalayang. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(1), 551 – 56

Prayogo, 2017. Analisis Sistem Antrian

dan Optimalisai Pelayanan Teller pada PT. Bank SulutGo

Sekar, A. K. and Mulyati, H. 2011. Analisis Sistem Antrian pada Proses Penyelesaian Klim di PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Bogor. Jurnal Manajemen, 1-12.

Sya’diyah dan Suryowati 2017. Analisis Sistem Antrian Pada Pelayanan Teller Di Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Kota Tegal

Taufik, V.I.,Moektiwibowo, H. and Arianto, B., 2013, Peningkatan

Kualitas Layanan Proses Sertifikasi Peralatan Dengan

Menggunakan Model Antrian pada PT. XXX, Jurnal Teknik

Industri Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma, Volume 2

Nomor 1




DOI: https://doi.org/10.35968/jtin.v13i1.1211

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: