ANALISIS SIMULASI KAPASITAS PENGIRIMAN KARGO DARI JAKARTA KE BANJARMASIN MENGGUNAKAN METODE MAXIMUM FLOW

PANGGIH JOGO MUSTIKO, MUFTI ARIFIN, ENDAH YUNIARTI

Sari


Pengiriman kargo oleh jasa ekspedisi selain melalui jalur darat juga melalui transportasi udara yang menggunakan ruang belly cargo dari pesawat angkut penumpang berjadwal. Variasi tipe pesawat angkut yang digunakan oleh berbagai maskapai menghasilkan variasi kapasitas belly cargo. Perbedaan kapasitas tersebut mempengaruhi proses pengiriman kargo apabila terdapat rute dengan transit dan ganti tipe pesawat. Penelitian ini melakukan perhitungan kapasitas maksimum dengan simulasi pada pengiriman kargo dengan rute Jakarta (CGK) ke Banjarmasin (BDJ). Kapasitas maksimum dihitung meggunakan metode maximum flow. Perhitungan diawali dengan mengumpulkan data semua rute yang menghubungkan CGK dan BDJ dan tipe pesawat yang digunakan, menghitung kapasitas kargo setiap tipe pesawat yang digunakan, dan menghitung kapasitas maksimum dengan metode maximum flow. Hasil metode maximum flow untuk semua rute penerbangan yang menghubungkan CGK menuju BDJ menghasilkan kapasitas kargo maksimum sebesar 225,8 m3 . Rute CGK-UPG-BDJ menyisakan kapasitas kargo sebesar 55,1 m3 dan rute CGK-BPN-BDJ menyisakan kapasitas kargo sebesar 55,6 m3 dikarenakan adanya perbedaan jenis pesawat. Kata Kunci: Belly Cargo, Maximum Flow, Jakarta-Banjarmasin

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aero Corner., 2017, Specs, History

Airbus A320-214:

https://aerocorner.com/aircraft/airbusindustrie-a320/ Diakses pada

tanggal 4 Maret 2022.

Aero Corner., 2018,

Price,Specs,History Boeing 737-

:

https://aerocorner.com/aircraft/boeing737-800/ Diakses pada tanggal 10

Maret 2022.

Airbus., 2020, Aircraft Characteristics

A320:

https://www.airbus.com/sites/g/files/j

lcbta136/files/2021-11/AirbusCommercial-Aircraft-AC-A320.pdf

Diakses Pada tanggal 16 Agustus

Andriany. Hardiana Devita., 2016,

Algoritma Ford-Fulkerson Untuk

Memaksimumkan Flow Pada

Penjadwalan Jalur Kereta Api,

Thesis, Universitas Islam Negri

Maulana Malik Ibrahim.

Atr Aircraft., 2020, The Leading

Turboprop ATR 72-600:

https://www.atr-aircraft.com/wpcontent/uploads/2020/07/2018_06_

atr_72_marketing_booklet_153.pdf

/Diakses Pada Tanggal 16 Agustus

Boeing., 2013, Airplane Characteristics

:

https://www.boeing.com/assets/pdf/co

mmercial/airports/acaps/737.pdf/

Diakses Pada tanggal 16 Agustus

Cargo Tech., 2016, Pengertian Kargo,

Jenis, dan Klasifikasinya.

https://Cargo.tech/blog/apa-itu-cargopengertian-dan-jenisnya/ Diakses

pada tanggal 4 Maret 2022.

Farizal. Thesa., 2014, PENCARIAN

ALIRAN MAKSIMUM DENGAN

ALGORITMA FORD-FULKERSON

(Studi Kasus pada Jaringan Listrik

Kota Tegal). Journal of mathematics.

Vol 3. No 1.

Flight Tracker-Real Flight Tracker.,

:

https://www.flightradar24.com/-

1,109.59/8 Diakses Pada Tanggal

Maret 2022.

Greenberg, J. (1998). Max Flow

Labeling Algorithm.

http://glossary.computing.society.inf

orms.org/notes/maxflowFF.pdf

Diakses pada tanggal 4 Maret 2022.

Hangar Flight., 2016, Specs, History

ATR 72:

https://hangar.flights/aircraft/atr-72-

/ Diakses pada tanggal 4 Maret

Hangar Flight., 2016, Specs,History

Boeing 737-900:

https://hangar.flights/aircraft/boeing737-900er/

Diakses pada tanggal 10 Maret 2022.

Sri Mulyono., 2004, Riset Operasi,

Fakultas Ekonomi, Universitas

Indonesia.

Tiket Pesawat.,2022 :

https://www.traveloka.com/id-id/

Diakses Pada Tanggal 26 Maret




DOI: https://doi.org/10.35968/jtin.v12i1.1057

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: