ANALISIS KINERJA LIGHTNING ARRESTER (LA) BERDASARKAN ARUS BOCOR PADA BAY IBT 1 GITET GANDUL PT. PLN (PERSERO) ULTG GANDUL

Fahrun Anugerah, Yohannes Dewanto

Sari


PT.PLN (Persero) ULTG Gandul  mempunyai asset salah satu Gardu Induk yang sudah beroperasi sangat lama yaitu GITET Gandul, dalam menunjang keberlangsungan energi listrik peralatan perlu dilindungi dari surga petir, oleh karenanya dibutuhkan Lightning arrester sebagai pengalir tegangan lebih agar tidak mengganggu dan merusak peralatan. Penelitian ini membahas tentang arus bocor pada LA di bay IBT 1 GITET Gandul.

Pentingnya peran LA dalam proteksi peralatan dari hubung surja dan singkat maka perlu dilakukan perhitungan kinerja secara berkala bersamaan dengan itu  adanya perbedaan usia operasi LA pada phasa S dengan phasa lainnya di bay IBT 1 mencapai lebih dari 10 tahun operasi sehingga diperlukan perhitungan kinerja LA tersebut, adapun prosedur penelitian dimulai dari studi literatur, pengumpulan data arus bocor, analisis kinerja arrester didasarkan pada arus bocor yang terukur menggunakan Leakage Current Monitor dengan membandingkan dengan standart yang ditentukan oleh PLN yaitu SKDIR 520.

Berdasarkan perhitungan yang dilakukan kinerja LA phasa R dan S masih dalam range nilai normal yaitu %Ires ≤ 90 µA sedangkan untuk phasa T diperlukan percepatan dan penambahan pengukuran yaitu setiap 6 bulan atau 2x setahun dimana nilai %Ires ada pada range 91-99 µA, dan untuk kinerja LA phasa S masih baik meskipun telah beroperasi selama 19 tahun dimana peningkatan degradasi arus bocor arrester hanya 20,40% dan %Ires ≤ 90 µA yaitu 55,2% sehingga dalam interval pengujian selanjutnya ialah setahun sekali.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Riegel Aditya. 2022. Analisa Kinerja Lighting Arrester Berdasarkan Arus Bocor pada Gardu Induk 150Kv Solobaru. Artikel Ilmiah Skripsi S1 Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Sultan Agung Negeri Semarang.

Andriawan. Deni. 2014. Kinerja Arrester Yang Sudah Berusia Lebih Dari 10 Tahun di Gardu Induk 150Kv Ungaran-Semarang. Artikel Ilmiah Skripsi S1 Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang.

Avryansyah, Airlangga. PEMELIHARAAN LIGHTNING ARRESTER (LA) PADA GARDU INDUK KRAPYAK 150 KV PT. PLN (PERSERO) P3B JAWA – BALI APP SEMARANG.

Buku Buku Petunjuk Batasan Operasi dan Pemeliharaan Peralatan Penyaluran Tenaga Listrik SKDIR 114.K/DIR/2010 LA No. Dokumen: 12-22/HARLUR-PST/2009.

Pugar, Iqbal Edi. 2019. Kinerja Lighting Arrester yang berusia lebih dari 30 tahun di Gardu Induk 150Kv Srondol PT.PLN (Persero) UPT Semarang. Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang

PLN Coorporate University, Assesment kondisi Lighting Arrester, Jakarta: 2018

SPLN, Pembumian Pada Gardu Induk dan Jaringan Transmisi, Jakarta: 2020

Har-GI TJBB, Panduan Aset Kritis Untuk Peralatan GI dan GIS UITJBB, Depok: 2021

Rizal Abidin. 2021. Penentuan Kelayakan Arus Bocor Lighting Arrester di Gardu Induk 150KV Cepu. Artikel Ilmiah Skripsi S1 Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Sultan Agung Negeri Semarang.




DOI: https://doi.org/10.35968/jti.v13i1.1310

DOI (PDF): https://doi.org/10.35968/jti.v13i1.1310.g1266

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: