PENGARUH MARKETING ONLINE DAN POTONGAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKO THE ATHLETE’S FOOT

Firmansyah Firmansyah, Sari Nalurita

Sari


Keputusan pembelian merupakan suatu pilihan yang terdiri dari dua atau lebih pilihan alternatif keputusan pembelian. Dengan meningkatkan marketing online dan potongan harga diharapkan dapat meningkatkan keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh marketing online dan potongan harga terhadap keputusan pembelian di toko the athlete’s foot. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif, dengan sampel 66 responden dari 190 anggota menggunakan analisis data regresi linear berganda dengan SPSS versi 26.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa marketing online dan potongan harga berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Selain itu, dalam penelitian ini marketing online dan potongan harga menjelaskan keputusan pembelian sebesar 74,2% dan sisanya sebesar 25,8% dijelaskan oleh variabel lain, oleh sebab itu peneliti selanjutnya disarankan untuk menambah variabel lain yang mempengaruhi keputusan pembelian.

 

Kata kunci : Marketing Online, Potongan Harga, Keputusan Pembelian

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agus, H. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Andriyanto, R, D. (2010). Analisis Pengaruh Internet Marketing terhadap Pembentukan Word of Mouth dan Brand Awareness untuk Memunculkan Intention to Buy. Jurnal Manajemen Teknologi, 9(1).

Auliya, Z. F., Rifqi, M., Umam, K., & Prastiwi, S. K. (2017). Online Customer Review (OTRs) dan Rating Kekuatan baru pada Pemasaran Online di Indonesia, 8(1), ISSN : 2087-1406.

Darmastuti, R. (2013). Media Relations, Konsep, Strategi & Aplikasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harianto, A., & Iriani, S. S. (2014). Pengaruh Kelompok Acuan Dan Internet Marketing Terhadap Keputusan Pembelian, 1277.

Hasan, A. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS (Center For Academic Publishing Service).

Kotler, P, & Keller, K. . (2012). Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, & Amstrong, G. (2014). Principles of Marketing, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Lestari, S. I. (2018). Pengaruh Price Diskon dan Bonus Pack terhadap Impulse Buying melalui Nilai Hedonik di Carefour. Jurnal maksipreneur, 7(2), 129–140.

Mulyadi. (2015). Akuntansi Biaya. In Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN. Yogyakarta.

Olson, J. C., & Peter, J. P. (2014). Perilaku konsumen dan strategi pemasaran. Edisi Sembilan. In Buku 2. Jakarta: Salemba empat.

Prabarini, A., Heryanto, B., & Astutik, P. (2019). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Potongan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toserba Borobudur Kediri (Studi Kasus Produk Kecantikan Wardah). JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 1(2), E-ISSN : 2621-2374. https://doi.org/10.30737/jimek.v1i2.308

Rachma, & Sri, S. (2013). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Penjualan Perseorangan Terhadap Keputusan Belanja Tidak Terencana. Jurnal Ilmu Manajemen, 1(2), 528–540.

Riadi, E. (2016). Statistika Penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS). Yogyakarta: Andi Offset.

Rochmah, S., & Yuliantika, E. (2020). PENGARUH PROMOSI ONLINE DAN PERSEPSI HARGA. Jurnal Mala’bi STIE Yapman, 3(1), ISSN 2623-2278.

Rosyida, & Haryati, intisari. (2020). Rosyida,. Jurnal of Business and Economics Research (JBE), 2(2), ISSN 2716-4128.

Strauss, J., & Frost, R. (2012). E-Marketing edisi internasional ke 6. London: Pearson.

Sugiyono. (2017). MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. Bandung: Alfabeta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sujarweni, V. W. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sutisna. (2002). Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tjiptono, F., & Gregorius, C. (2012). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.

Trang, I., Nelwan, O. S., & Rumangkang, S. F. (2014). Potongan Harga dan Servicescape Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Anak pada Matahari Megamas Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(4), ISSN 2303-1174.

Widodo, E. S. (2015). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.35968/jmm.v13i2.937

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: