DAMPAK COVID-19 TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGGUNAAN MARKETPLACE DI INDONESIA
Sari
Abstract
The prolonged situation of the Corona Virus Pandemic (Covid-19) has made changes in consumer behavior around the world, including in Indonesia. The limitation of community activities in fulfilling the need for daily products and services with PSBB makes people look for alternative shopping solutions through the marketplace to meet their daily needs, both goods and services. This situation is used by marketplace companies to increase the number of public spending transactions on their marketplace platforms. This is evident from many marketplace companies that have drastically increased their sales transactions.
Keywords: Covid-19 Pandemic; Marketplace
Teks Lengkap:
PDFReferensi
A.A. Anwar, Prabu Mangkunegara. 2009. Perilaku konsumen. Bandung: Refika.
Badan Pusat Statistik. 2020. Ekonomi Indonesia Triwulan II 2020 Turun 5,32 Persen. Website: https://www.bps.go.id/pressrelease/2020/08/05/1737/-ekonomi-indonesia-triwulan-ii-2020-turun-5-32-persen.html, diakses tanggal 07 Januari 2021.
iPrice Group Sdn Bhd. 2020. The Map of E-commerce in Indonesia. Website: https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/en/, diakses tanggal 07 Januari 2021.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2020. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2020 Tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Website:http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__9_Th_2020_ttg_Pedoman_Pembatasan_Sosial_Berskala_Besar_Dalam_Penanganan_COVID-19.pdf
diakses tanggal 07 Januari 2021.
Kementerian Keuangan Republik Indonesia. 2020. Pemerintah Siapkan Pembangunan TIK untuk Daya Saing Digital. Website: https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/berita/pemerintah-siapkan-pembangunan-tik-untuk-daya-saing-digital/, diakses tanggal 07 Januari 2021.
Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2020. Pembatasan Sosial Berskala Besar. Website: https://www.kemenkopmk.go.id/pembatasan-sosial-berskala-besar, diakses tanggal 07 Januari 2021. .
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke-13. Jakarta. Erlangga.
Opiida. 2014. Pengertian E-marketplace. Website: https://tokohalista.wordpress.com, diakses tanggal 07 Januari 2021.
Tim Komunikasi Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional. 2020. Peta Sebaran Covid-19.Website: https://covid19.go.id/peta-sebaran-covid19
diakses tanggal 07 Januari 2021.
Tim Komunikasi Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional. 2020. Angka Kesembuhan COVID-19 Terus Meningkat Mencapai 652.513 Orang. Website: https://covid19.go.id/berita/angka-kesembuhan-covid-19-terus-meningkat-mencapai-652513-orang,diakses tanggal 08 Januari 2021.
Valassis. 2020. Latest Changes in Consumer Behavior Amid COVID-19. Website: https://www.valassis.com/infographics/latest-changes-in-consumer-behavior-amid-covid-19, diakses tanggal 07 Januari 2021.
Vutura. 2020. Pergeseran Perilaku Konsumen Akibat Dampak New Normal. Website: https://vutura.io/blog/perubahan-perilaku-konsumen-di-masa-new-normal, diakses tanggal 07 Januari 2021.
DOI: https://doi.org/10.35968/jmm.v12i1.639
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by: