PEMODELAN REGRESI MUTU TUGAS AKHIR DENGAN MEMPERTIMBANGKAN KOMPETENSI, MOTIVASI, DAN SIKAP
DOI:
https://doi.org/10.35968/jmm.v4i2.588Abstrak
ABSTRAKProgram-program studi yang ada di Universitas Suryadarma, mempunyai andil dalammenciptakan lulusan yang bermutu. Mutu lulusan Program-program studiUniversitas Suryadarmaditentukan oleh prestasi belajar mahasiswa tersebut pada masa perkuliahan yang mereka ikuti. Sebagaibagian dari sebuah perguruan tinggi, out put yang paling penting adalah mutu lulusannya. Lulusan yangberkualitas akan meningkatkan daya saing lulusan di dalam memperoleh pekerjaan dan kesiapanmenghadapi tantangan hidup yang ada di depannya.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survei.Penelitian survei dilakukan untuk mendapatkan suatu generalisasi yang tidak mendalam, sehingga untukmendapatkan hasil yang lebih baik, membutuhkan sampel yang dapat mewakili populasinya.Metodepenelitian survei dipilih karena penelitian dilakukan pada suatu populasi yang relatif kecil yaitu mahasiswaaktif di program pascasarjana program studi Magister Manajemen Universitas Suryadarma, Jakarta.Variabel-variabel yang diteliti antara lain kompetensi individu mahasiswa, motivasi mahasiswa, dan sikapmahasiswa terhadap dosen pembimbing sebagai variabel bebas (tak terikat) dan mutu tugas akhir sebagaivariabel terikat. Penelitian ini berusaha menjelaskan hubungan positif antara variabel kompetensi individumahasiswa, motivasi mahasiswa, dan sikap mahasiswa terhadap dosen pembimbing dengan variabel mututugas akhir berdasar data persepsi responden dari sampel mahasiswa program studi magister manajementersebutKesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa Modelregresi yangmenggambarkan hubungan antara kompetensi individu,motivasi, sikap terhadap pembimbingdengan mutu tugas akhir adalah:Y(,9)389,0331X,0244X,0240Xï€ï€½ï€«ï€«ï€«. Kompetensi individu,123motivasi, sikap terhadap pembimbing mempunyai hubungan yang sangat kuat dengan mutu tugas akhir,karena mempunyai koefisien korelasi sebesar 0,920 dan koefisien determinasi 84,7%Kata kunci : mutu, kompetensi individu, motivasi, sikap.Referensi
Departemen Pendidikan Nasional Republik
Indonesia,
,â€Undang-Undang
Republik Indonesia Nomor 20 Tahun
Tentang Sistem Pendidikan
Nasionalâ€,Depdiknas RI, Jakarta,.
Errick, 2006,†Motivasi Berprestasiâ€,
http://patriotproklamasi.blogspot.com/20
/03/ motivasi-berprestasi.html.
Magister Manajemen,
Universitas
Suryadarma,â€Panduan
Akademikâ€,
Penerbit MM Universitas Suryadarma,
Jakarta, 2006.
Pemerintah Republik Indonesia ,â€Peraturan
Pemerintah Republik Indonesia Nomor
tahun 2005 tentang Standar Nasional
Pendidikanâ€.
Rivai, H.Veithzal, 2003, †Jurnal Ekonomi
Perusahaan†STIE IBII, volume 10, No.2,
Jakarta.
Robbin, Stephen P dan Judge, Timothy A,
,†Perilaku Organisasi 1â€, Edisi 12,
Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Sallis, Edward, 2010,
“Total Quality
Management in Educationâ€, Cetakan XI,
Penerbit IRCiSoD, Jogjakarta.
Smith, Mark K, et al., 2010, “Teori
Pembelajaran & Pengajaran : Mengukur
Kesuksesan Anda dalam Proses Belajar
dan Mengajar Bersama Psikolog
Pendidikan Dunia†, Cetakan III, Penerbit
Mirza Media Pustaka, Jogjakarta.
Suardi, Rudi, 2004, “Sistem Manajemen Mutu
ISO 9000:2000: Penerapannya Untuk
Mencapai TQMâ€, Penerbitan PPM,
Jakarta.
Sudrajat, Akhmad
, 2008,â€Teori-teori
Motivasiâ€,
http://psb-
psma.org/content/blog/
teori-teori-
motivasi.
Sugiyono,2002,â€Metode
Penelitian
Administrasiâ€, Penerbit Alfabeta,
Bandung.
Sugiyono, 2009,†Metode Penelitian Bisnisâ€,
Penerbit Alfabeta, Bandung
Sukmalana, Soelaiman, 2008, Metode dan
Teknik Penulisan Karya Ilmiah Tugas
akhir dan Disertasi, Universitas
Suryadarma, Jakarta.
Tjiptono,Fandy dan Chandra,Gregorius, 2005,
“Service, Quality & Satisfactionâ€,
Penerbit Andi, Yogyakarta.
Umam, Khaerul, 2010, “ Perilaku Organisasi “
Penerbit Pustaka Setia, Bandung.
Universitas Brawijaya, 2007-2008, “Buku
Pedoman
Pendidikanâ€
http://www.brawijaya.ac.id/id/9_publicati
on/bppub/ bab3.php
Walpole, Ronald E, 1990, “ Pengantar
Statistikaâ€, Penerbit Gramedia Pustaka
Utama, Jakarta.