ANIMASI INTERAKTIF PEMBELAJARAN PENGENALAN TOKOH PAHLAWAN NASIONAL PADA SDN SUKAMAJU 10 DEPOK

Jehan Saptia Kurnia

Sari


Abstrak

Mengembangkan pengetahuan sejak Sekolah Dasar (SD) sangatlah penting dalam kehidupan anak selanjutnya termasuk dalam persiapan anak memasuki pendidikan selanjutnya. Dengan mengembangkan pengetahuan sejarah khusus nya tentang tokoh - tokoh pahlawan nasional Indonesia diharapkan anak-anak dapat menjadi anak-anak yang lebih mencintai negara Indonesia dan memperkuat rasa nasionalisme. Terdapat suatu hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan metode pembelajaran untuk memotivasi siswa belajar dengan efektif serta menyenangkan diperlukan sumber belajar atau alat peraga yang menarik dan menyenangkan. Pemilihan media pembelajaran dengan menggunakan media animasi interaktif (multimedia) yang berisi gambar bergerak, suara serta tulisan, merupakan salah satu media alternatif pembelajaran yang dapat dipergunakan sebagai alat bantu bantu belajar siwa dalam pembelajaran. Multimedia dirancang secara sistematis dan menyenangkan untuk meningkatkan motivasi siswa agar kualitas belajarnya semakin meningkat dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan  dapat meningkatkan kualitas hasil belajarnya nantinya.

 

Kata Kunci : pahlawan nasional, metode pembelajaran, multimedia


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Septiawan, Nur Arifin. Setiad, Tedy. 2013. Aplikasi Pengenalan Huruf Hangeul Berbasis Multimedia Interaktif. e-ISSN: 2338-5197. Yogyakarta: Jurnal Sarjana Teknik Informatika Volume 1 Nomor 1, Juni2013.

Jusuf, Heni. 2009. perancangan Aplikasi Sistem Ajar Tematik Berbasis Multimedia. ISSN: 1987-9491 Vo.3 No. 1 Januari 2009.

Hasrul. 2011. Desain Media Pembelajaran Animasi Berbasis Adobe Flash Cs3 Pada Mata Kuliah Instalasi Listrik 2. Vol.3 No.2 Oktober 2011.




DOI: https://doi.org/10.35968/jmm.v11i2.474

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: