MENGUKUR KINERJA ORGANISASI DENGAN METODE BALANCED SCORECARD (STUDI KASUS PT MTI)

Hari Bagus Mantik

Sari


Abstrak

Mengukur kinerja suatu organisasi adalah bagian penting sekaligus sesuatu yang sering terabaikan. Fokus organisasi yang selalu terarah pada “profit” sering mengabaikan apa yang terjadi dibalik profit tersebut, dan bagaimana proses panjang menuju profit tersebut. Di satu sisi performance appraisal berupa uang atau kenaikan gaji menjadi boost performance bagi karyawan untuk meningkatkan performa tidak bisa dibuktikan sebagai dasar peningkatan kinerja. Hal ini juga menunjukan bahwa tidak ada hubungan yang linier antara target kerja dengan kenaikan gaji. Banyak studi mengatakan, kinerja tidak selalu di nilai dengan angka (tangible), tetapi juga bisa dilihat dari sesuatu yang tidak dapat di raba (intangible), seperti knowledge worker (manusia), dan prosedur (keandalan sistem). Jurnal ini menengahkan sejauh mana organisasi mengukur suatu kinerja perusahaan dalam berbagai sudut pandang, baik dari sisi keuangan maupun non-keuangan.

 

Kata kunci: Balance Scorecard, Kinerja perusahaan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kaplan, Robert S. dan Norton, David P., The Balanced Scorecard: Translating Strategy Into Action, Harvard Business School, Boston, 1996

Hasibuan, A, Manajemen Perubahan, CV Andi, 2012

Lewis, Michael R., How to calculate market share, https://www.wikihow.com/Calculate-Market-Share, January 2020

Rahmawat, Adelia, Makalah Balanced Scorecard, http://adeliarahmawati031.blogspot.com/ 2019/08/makalah-balanced-scorecard.html, Agustus 2019




DOI: https://doi.org/10.35968/jmm.v11i2.473

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: