MENGUKUR KINERJA ORGANISASI DENGAN METODE BALANCED SCORECARD (STUDI KASUS PT MTI)
Sari
Abstrak
Mengukur kinerja suatu organisasi adalah bagian penting sekaligus sesuatu yang sering terabaikan. Fokus organisasi yang selalu terarah pada “profit” sering mengabaikan apa yang terjadi dibalik profit tersebut, dan bagaimana proses panjang menuju profit tersebut. Di satu sisi performance appraisal berupa uang atau kenaikan gaji menjadi boost performance bagi karyawan untuk meningkatkan performa tidak bisa dibuktikan sebagai dasar peningkatan kinerja. Hal ini juga menunjukan bahwa tidak ada hubungan yang linier antara target kerja dengan kenaikan gaji. Banyak studi mengatakan, kinerja tidak selalu di nilai dengan angka (tangible), tetapi juga bisa dilihat dari sesuatu yang tidak dapat di raba (intangible), seperti knowledge worker (manusia), dan prosedur (keandalan sistem). Jurnal ini menengahkan sejauh mana organisasi mengukur suatu kinerja perusahaan dalam berbagai sudut pandang, baik dari sisi keuangan maupun non-keuangan.
Kata kunci: Balance Scorecard, Kinerja perusahaan
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Kaplan, Robert S. dan Norton, David P., The Balanced Scorecard: Translating Strategy Into Action, Harvard Business School, Boston, 1996
Hasibuan, A, Manajemen Perubahan, CV Andi, 2012
Lewis, Michael R., How to calculate market share, https://www.wikihow.com/Calculate-Market-Share, January 2020
Rahmawat, Adelia, Makalah Balanced Scorecard, http://adeliarahmawati031.blogspot.com/ 2019/08/makalah-balanced-scorecard.html, Agustus 2019
DOI: https://doi.org/10.35968/jmm.v11i2.473
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by: