PENGARUH KOMPETENSI, FASILITAS BELAJAR DAN EFIKASI DIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ONLINE SISWA SEKOLAH DASAR MADRASAH IBTIDAIYAH AN-NUR JAKARTA TIMUR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung kompetensi, fasilitas belajar, dan efikasi diri terhadap motivasi belajar secara online siswa Sekolah Dasar Madrasah Ibtidaiyah An-Nur Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi 135 orang dengan teknik secara acak sederhana dan rumus Slovin diperoleh sampel 100 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Data dianalisis menggunakan regresi linear dan analisis jalur dengan software SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kompetensi berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap motivasi belajar sebesar 26,0%; 2) Fasilitas belajar berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap motivasi belajar sebesar 32,2%; 3) Efikasi diri berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap motivasi belajar sebesar 23,8%; 4) Kompetensi berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap efikasi diri sebesar 21,2%; 5) Fasilitas belajar berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap efikasi diri sebesar 43,7%. Kata Kunci: kompetensi, fasilitas belajar, efikasi diri, motivasi belajar.References
Aguinis, Herman. 2013. Performance Management Third Edition. New Jersey:
Pearson Education Inc.
Barnawi dan M. Arifin. 2012. Manajemen Sarana Dan Prasarana Sekolah.
Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Busro, Muhammad. 2018. Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta:
Prenada Media Group (Devisi Kencana).
Fathurrohman. 2010. Pengembangan Karakter Anak. Bandung: Refika Aditama.
Ghufron, M, N dan Rini Risnawita. 2010. Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: AR Ruzz
Media.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model
Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Yogyakarta: Kata
Pena.
Khodijah, 2016. Psikologi Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Nurmalia, Laily dan Dewi Setiyaningsih. 2020. Pengaruh Kompetensi Pedagogik &
Motivasi Terhadap Efikasi Diri Guru SDN Gugus VI Palmerah Jakarta Barat.
HOLISTIKA: Jurnal Ilmiah PGSD. 4(1). ISSN: 2579-6151, e-ISSN: 2614-8242
Priani, Dwi Heny Siska dan Ismiyati, I. 2020. Pengaruh Kompetensi Guru, Fasilitas
Belajar, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Economic
Education Analysis Journal, 9(2), 2020. 379-390. ISSN: 2252-6544.
Rahman, Bujang. 2014. Kemitraan Orang Tua Dengan Sekolah dan Pengaruhnya
Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Progresif 4(2), 119–221.
ISSN: 2087-9849.
Reski, Andi. 2018. Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar
Fisika Mahasiswa. Musamus Journal of Science Education, 1(1), 1-8. ISSN:
-7851.
Rochmah, Laily dan Yonisa Kurniawan. 2022. Pengaruh Efikasi Diri dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Dengan Motivasi Belajar Sebagai
Variabel Mediasi di Masa Pandemi Covid 19. Edunomic: Jurnal Ilmiah
Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 10(1). p-ISSN
-571X | e-ISSN 2541-562X
Sadirman, A.M. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja
Grafindo.
Setiadi, D., & Setiyani, R. 2018. Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Dan
Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Melalui Motivasi Belajar. Economic
Education Analysis Journal, 7(2), 390-399. ISSN: 2252-6544.
Solomon, Michael. R. 2015. Consumer Behavior: Buying, Having and Being, 11th
Edition. New Jersey: Prentice-Hall
Sudarwo, Raden, Yusuf, Anfas. 2018. Influence of Learning Facilities and Student
Motivation Towards Learning Independence (Empirical Study on Bidikmisi
Scholarship Students Regional Office of Universitas Terbuka at Ternate).
Jurnal Pendidikan, 19(2), 68-83
Sutrisno, Edy. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenada Media
Group.
Widoyoko, S. Eko Putro dan Anita Rinawati. 2012. Pengaruh Kinerja Guru
Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, XXXI, No. 2.
Yuniarsih, T. dan Suwatno, S. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung:
Alfabeta.