PENGARUH KOMPETENSI, KOMITMEN DAN MOTIVASI GURU MILITER TERHADAP KUALITAS KELUARAN AKHIR PENDIDIKAN KECABANGAN PERWIRA KESEHATAN DI PUSDIKKES KODIKLATAD

Rajiman Rajiman, Erwansyah Sjarief

Sari


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Kompetensi, Komitmen dan Motivasi Guru Militer terhadap Kualitas Keluaran Akhir Pendidikan yang diajukan: Kompetensi berpengaruh sigifikan terhadap Kualitas Keluaran Akhir Pendidikan, Komitmen memiliki pengaruh signifikan terhadap Kualitas Keluaran Akhir Pendidikan, Kompetensi memiliki pengaruh signifikan terhadap Motivasi, Komitmen memiliki pengaruh signifikan terhadap Motivasi, Motivasi memiliki pengaruh signifikan terhadap Kualitas Keluaran Akhir Pendidikan. Hasil penelitian telah membuktikan bahwa Kompetensi, Komitmen Gumil, secara signifikan terkait dengan Kualitas Keluaran Akhir Pendidikan dan Kompetensi dan Komitmen sangat berpengaruh terhadap Motivasi Gumil. Demikian juga dengan Motivasi Gumil akan berhubungan secara signifikan dengan Kualitas Keluaran Akhir Pendidikan yang dipengaruhi oleh variabel intervening yaitu Motivasi Gumil. Dari hasil penelitian, ada dua kesimpulan utama yang dapat ditarik dalam penelitian ini. Pertama, Kompetensi dan Komitmen dapat berpengaruh langsung dengan Motivasi Gumil. Dan kesimpulan kedua adalah bahwa Kompetensi, Komitmen dan Motivasi akan berpengaruh secara positif dengan Kualitas Keluaran Akhir Pendidikan

Kata kunci   : Kompetensi, Komitmen dan Motivasi terhadap Kualitas Keluaran Akhir Pendidikan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


(www.koganpage.com, Ed.) (XI). London and Philadelphia: Library of Congress Cataloging. Retrieved from http://196.29.172.66:8080/ jspui/bitstream/123456789/2178/1/152.pdf

Brown R.B. (1996). Organizational Commitment : Clarifying the concept and Simplifying the Existing Construct Typology. Journal of Vocational Behavior, 49 (Salancik 1977), 230–251. Retrieved from https://www.researchgate.net/.../14228089_Organizational_Commitm ent_Clarifying

F. Mohammed & Eleswed, M. (2013). Job satisfaction and organizational commitment : a correlationalstudy in Bahrain. International Journal of Business, Humanities and Technology, 3(5), 43–53.

Idris, Zaenudin (2014). Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Retrieved from https://www.academia.edu/24361946/ UJI_ Kompetensi_Guru_Ukg_Dan_Penilaian_Kinerja_Guru_P Kg

Jodenmot. (2012). Motivsi Guru Dalam Mengajar, (December),155–156. Retrieved from https://jodenmot.wordpress.com/ 2012/12/29/ motivasi-guru-dalam-mengajar-pengertian-dan-definisi-motivasi/

Krisna, N. (2007). KOMPETENSI. MSDM, 1–6. Retrieved from http://sdm- teori.blogspot.com/2007/05/kompetensi.html

M. Amstrong, (2009). Human Resource Management Practice.

Mujono, C. R. (2015). Bujuknis Tentang Gadik. Juknis Tentang Gadik. https://doi.org/10.1177/0093854805278805

Mulyana, A. (2017). Pegertian Kualitas Hasil.pdf. Retrieved from https://ainamulyana.blogspot.com/2017/09/pengertian-kualitas-mutu- dan-kualitas.html

P. Rismadi, (2015). 4 Kompetensi yang harus di miliki Guru Profesional. SMA Taruna Bakti. Retrieved from http://www.multimedia. smktarunabhakti.net/blog/2015/06/22/4-kompetensi-yang harus-di- miliki-guru-profesional/

PP No 19 TH 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, Pendidikan Nasional (2005). https://doi.org/10.1007/s13398-014- 0173-7.2

S. Fathudin, & Widodo, A. (n.d.). Pengembangan Kompetensi Guru. FT Tehnik Universitas Negri Yogyakarta.

Syamsulnani. (2013). Perbedaan output dan outcome. Pustaka Mallawa. Retrieved from http://syamsulnani.blogspot.com/2014/11/perbedaan- output-dan-outcome.htm

Tahrir. (2013). Pengaruh Kompetensi Dosen Terhadap Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN “ Sgd ” Bandung. Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(1), 756–765. Retrieved from https://journal.uinsgd.ac. id/index.php/psy/article/view/2133

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen, Retrieved from http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU14-2005 Guru Dosen.pdf

Undang-undang. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan




DOI: https://doi.org/10.35968/jimspc.v10i2.787

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


TERINDEKS OLEH :