PENGARUH KOMPENSASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR, JAKARTA

Vera Eka Santi, Sri Widodo

Sari


Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir, Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif kausalitas dengan metode survei. Populasi 195 orang dan sampel 131 orang dengan rumus Slovin. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert 1 sampai dengan 5. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan software Excel dan SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kompensasi berpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan Divisi Safety dan Security PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir, Jakarta sebesar 51,6%; 2) Motivasi kerja berpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan Divisi Safety dan Security PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir, Jakarta sebesar 12,9%; 3) Kompensasi dan motivasi kerja secara bersama-sama berpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan Divisi Safety dan Security PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir, Jakarta sebesar 40,3%, sedangkan sebesar 59,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas pada model ini

Kata kunci: kompensasi, motivasi kerja, kinerja.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Abrivianto, Okto P, Bambang Swasto, Hamidah Nayati Utami. (2014). Pengaruh Motivasi Kerja dan Komitmen Organisasional terhadap Kinerja Karyawan pada Karyawan bagian HRD PT. Arthawena Sakti Gemilang Malang. Skripsi. Malang: Universitas Brawijaya.

Analisa, Lucky Wulan (2011). Analisis Pengaruh Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Semarang. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Aprilia. Echa Siska (2017). Pengaruh Kompensasi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang 16 Ilir Palembang. Skripsi. Palembang: UIN Raden Fatah.

Busro, M. (2018). Teori-teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenadamedia Group.

Cahyani, Ni Made Nur, I.G.A. Dewi Adnyani. (2016). Pengaruh Kompensasi dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening. Skripsi. Bali: Universitas Udayana.

Fattah. (2017). Kepuasan Kerja & Kinerja Pegawai (Budaya Organisasi, Perilaku Pemimpin, dan Efikasi Diri). Yogyakarta: Penerbit Elmatera.

Hamid, Sanusi. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia Lanjutan. Yogyakarta: Deepublish.

Hanggraeni, Dewi. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Kasmir. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Latief. (2014). Evaluasi Kinerja SDM (Konsep, Aplikasi, Standar dan Penelitian). Ciputat: HAJA Mandiri.

Mangkunegara, A. A. Anwar Prabu. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Prakoso, Medi. (2016). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan Percetakan Art Studio Jakarta Pusat. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Riniwati. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Malang: UB Press.

Saihudin. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusi. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Sedarmayanti. (2013). Manajemen Sumber Daya Mausia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: PT Refika Aditama.

Thamrin. H. M. (2014). Perencanaan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish.

Wibowo. (2014). Manajemen Kinerja. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Wijaya, Tanto, Fransisca, Andreani. (2015). Pengaruh Motivasi dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT Sinar Jaya Abadi Bersama. Skripsi. Jakarta: Universitas Kristen Petra.

Wirawan. (2014). Kepemimpinan: Teori Psikologi, Perilaku Organisasi, Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Yusuf, Burhanuddin. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia di Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: https://doi.org/10.35968/jimspc.v10i2.782

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


TERINDEKS OLEH :