PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN TERHADAP PELANGGAN BENGKEL AHASS HONDA MOTOR BRANCH SIDO MAKMUR MPM KOTA BLITAR
Sari
This study aims to analyze the effect of price perception, service quality and satisfaction on customer loyalty at the AHASS Honda Motor, Sido Makmur MPM branch, Blitar. This study uses a quantitative approach, survey method and path analysis. The population is 900 people, with random sampling techniques and the Slovin formula, 90 respondents were obtained. Data were analyzed using Excel software and SPSS version 25. The results of the study showed that: Price perception has a direct inverse or opposite effect on satisfaction of 0.529; Service quality has a direct positive and significant effect on satisfaction of 0.270; Price perception has a direct inverse or opposite effect on customer loyalty of 0.367; Service quality has a direct positive and significant effect on customer loyalty of 0.270; Satisfaction has a direct positive and significant effect on customer loyalty of 0.253.
Meningkatnya kebutuhan pada bidang industri otomotif, terutama penggunakendaraan roda dua di Indonesia yang semakin kompetitif dan dinamis,pelanggan akan semakin mudah dalam memilih sepeda motor yang diinginkan.Bengkel AHASS salah satu merek Honda selalu mengutamakan danmemperhatikan pada aspek kualitas yang selalu memberikan layanan yang primadan terbaik untuk sepeda motor Honda kepada pelanggannya. Namun, jika dilihatsecara seksama berdasarkan data unit entry, penjualan suku cadang, danlayanan servis bengkel Honda di Jawa Timur yang dikelola oleh PT. MitraPinasthika Mulia Tbk, dalam kurun waktu 5 tahun terakhir (Desember 2019–Desember 2023), jumlah pelanggan yang melakukan transaksi, servis danpembelian suku cadang motor honda mengalami penurunanyang signifikan danberturut-turut. Salah satu cabang bengkel AHASS yang mengalami penurunansecara drastic terdapat di bengkel AHASS cabang Kota Blitar Sido MakmurMotor.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdullah. (2016).Manajemen Pemasaran. Depok : PT Raja Grafindo Persada.
Aeni, N. (2021).Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga TerhadapKepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan Jasa Transportasi Online Grab(Studi Kasus pada Mahasiswa Prodi S1 Manajemen 2016 Fakultas EkonomiUniversitas Singaperbangsa Karawang). Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis,8(1), 94-100.
Afrilliana, N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan PelangganGrab di Kota Palembang.Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM,1(2), 46-55.
Arianty, Nel. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadapKepuasan Pelanggan Handphone Samsung.Jurnal Ilmiah Manajemen danBisnis,Vol. 16, No. 02.
Armaniah, H., Marthanti, A. S., & Yusuf, F. (2019).Pengaruh Kualitas PelayananTerhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Ahass Honda Tangerang.Penelitian Ilmu Manajemen, 2(2), 2614-3747.
Cockrill, Antje & Mark M. H. Goode. 2010. Perceived Price and Price Decay in theDVd Market. New Jersey: Prentice Hall.
Dewi, A. (2022).Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Merek,Word of MouthdanPromositerhadapLoyalitas Pelanggan diBengkel AHASS Pos Buana SariMotor II.Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3(3).
Dhasarathi, S. (2022).Branding Towards Customer Loyalty On Apparels By TheCustomers Of Selected Cities Of Tamilnadu.
Dirwan, A. (2019).Statistika : Aplikasi Praktis Untuk Penelitian.Cetakan Ke-1.Depok: Rajawali Pers.
Dirwan, A. (2021).Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Jakarta: Pena Persada
Ebert, Ronald J. (2015).Pengantar Bisnis, edisi kesepuluh, Jakarta,Penerbit Erlangga.
Efendi, B. (2023).Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan KualitasPelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Bengkel Saesa Motor KalibendaBanjarnegara.Jurnal Akuntansi, Manajemen & Perbankan Syariah, 3(4).
Gaspersz, Vincent. (2017).Production Planning And Inventory Control.PTGramedia Pustaka Umum, Jakarta.
Griffin, J. (2016).Customer Loyalty: Menumbuhkan dan MempertahankanKesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga.
Gupta, D. R. (2015). Impact of Celebrity Endorsements on Consumers’ PurchaseIntention: A Study of Indian Consumers.Australian Journal of Business andManagement Research, 5(3), 1–15.
Handoko, T. H., (2020).Manajemen. Edisi ke-10. Yogyakarta: BPFE.
Hasanah, W. (2021). The Effects of Product and Service Quality on RepurchaseDecisions.Journal of Physics: Conference Series, 1833(1)
.
Hurriyati, R. (2020).Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung:Alfabeta.
Indrasari, M. (2019).Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: UnitomoPress.
Juniantara, I. M. A., & Sukawati, T. G. R. (2018). Pengaruh Persepsi Harga,Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya 94Terhadap Loyalitas Konsumen.E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana,7(11), 5955.
Karki, Dipesh dan Panthi, Apil. 2018. How Food Quality, Price, Ambiance andService Quality Effects Customer Satisfaction: A study on NeplaeseRestaurants in Finland.Journal of Tourism and Hospiyality Management. Vol7, No. 68-104.
Kotler, P., dan Keller, K. L. (2016).Manajemen Pemasaran, Edisi Kelima BelasJilid I, Terj. Erlangga.
Kotler, P dan Amstrong. (2018).Prinsip-prinsip Marketing, Edisi Ke Tujuh. PenerbitSalemba Empat. Jakarta.
Kotler, P. (2019).Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jakarta: Prenhalindo.
DOI: https://doi.org/10.35968/jimspc.v14i1.1407
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
TERINDEKS OLEH :


