PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan kepuasan terhadap loyalitas konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan analisis jalur. Populasi adalah 940 orang konsumen. Dengan teknik simple random sampling diperoleh 91 orang responden. Data dianalisis menggunakan Excell dan SPSS versi 25.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Kualitas pelayanan berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen sebesar 0,281; Harga berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen sebesar 0,544; Kualitas pelayanan berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen sebesar 0,247; Harga berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen sebesar 0,289; Kepuasan berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen sebesar 0,492.
Kata kunci: kualitas pelayanan, harga, kepuasan, loyalitas
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adnyana, D. G. ., & Suprapti, N. W. . (2018). Pengaruh kualitas pelayanan dan
persepsi harga terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan Gojek di Kota
Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(1), 6041–6069.
Ahmad, M., Siswadhi, F., & Sarmigi, E. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan,
Kepercayaan, dan Religiusitas Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah PT.
Bank Nagari. JBEE: Journal Business Economics and Entrepreneurship, 4(1).
Akbar, A. A., & Djatmiko, T. (2016). Pengaruh E-service Quality Terhadap E-customer
Satisfaction Dan E-customer Loyalty Pada Lazada.co.id. EProceedings of
Management, 3(1), 142–150.
Arianto, N., & Febrian. (2022). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap
Loyalitas Pelanggan pada PT GV. Jurnal Ekonomi Efektif, 4(3).
Arrosadi, A. H., Marlina, D., Verawati, & Novitaningtyas, I. (2022). Pengaruh Kualitas
Pelayanan, Kepercayaan dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas
Pelanggan (Studi Kasus Pada Pelanggan Jasa Titip Monera). MANAGER-Jurnal
Ilmu Manajemen, 5(3), 314–328.
Azhar, M. E., & Jufrizen, J. (2017). The Analysis of The Tourist Loyalty Determinant
In the Area of Toba Lake. International Journal of Recent Scientific Research,
(10), 473–485.
Chen, M.-H., Tsai, K.-M., Hsu, Y.-C., & Lee, K.-Y. (2013). E-service Quality Impact on
Online Customer’s Perceived Value and Loyalty. China-USA Business Review,
(5), 473–485.
Chou, P. F., Lu, C. S., & Chang, Y. H. (2014). Effects of service quality and customer
satisfaction on customer loyalty in highspeed rail services in Taiwan.Transportmetrica A: Transport Science, 10(10), 917–945.
Dominic, G., & Guzzo, R. (2010). Customer Satisfaction in the Hotel Industry: A Case
Study from Sicily. International Journal of Marketing Studies, 2(2), 2–11.
Gantara, G., Kumadji, S., & Yulianto, E. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan
dan Perceived Value Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan
(Studi Empiris pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang Pengguna Kartu
Seluler IM3). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 1(1).
Indrawati, B., Wijayanti, M., & Yuniati, T. (2021). Analisis Kualitas Layanan dan
Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen yang Berimplikasi pada Loyalitas
Pelanggan Go Food di Kota Bekasi. Optimal: Jurnal Ekonomi Dan
Kewirausahaan, 15(2).
Joudeh, M. J., & Dandis, A. O. (2018). Service Quality, Customer Satisfaction and
Loyalty in an Internet Service Providers. International Journal of Business And
Management, 13(8), 108–120.
Kaihatu, T. S., & Djati, S. P. (2016). Organizational Citizenship Behavior (OCB),
Service Quality, and Patient Satisfaction: a Case study of the nurses in Private
hospitals of Surabaya. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 6(2), 213–227.
Khairani, & Hati. (2013). The Effects of Perceived Service Quality towards Customer
Satisfaction and Behavioral Intentions in Online Transportation. International
Journal of Humanities and Management Sciences, 5(1), 2340–2344.
Khakim, L. A., Fathoni, & Minarsih, M. M. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan,
Harga dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Variabel
Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Pizza Hut Cabang
Simpang Lima. Journal Management, 1(1), 2442–4064.
Kitapci, O., Akdogan, C., & Dortyol, I. (2014). The Impact of Service Quality
Dimensions on Patient Satisfaction, Repurchase Intentions and Word-of-Mouth
Communication in the Public Healthcare Industry. Journal of Social and
Behavioral Sciences, 1(14), 161–169.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing Channel. New Jersey:
Prentice-Hall.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Principles of Marketing Channel. New Jersey:
Prentice-Hall.
_________. (2018). Principle of Marketing, 17e Global Edition. New York: Pearson.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Global Edition 15th. New
Jersey: Pearson Education Limited.
Kurniasih, I. (2012). Pengaruh Harga dan Kualitas Pela-yanan Terha-dap Loyalitas
Pelanggan Melalui Varia-bel Kepuasan (Studi Pada Bengkel AHASS 0002-Astra
Motor Siliwangi Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, 1, 37–40.
Lestari, A. D., & Hidayat, I. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan
Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Globat Jet Express
(J&T) Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 8(7).
Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (Edisi 3).
Jakarta: Salemba Empat.
Melinda. (2017). Pengaruh E-service Quality Terhadap E-loyalty Pelanggan GO-JEK
Melalui E-satisfaction Pada Kategori GO-RIDE. AGORA, 5(1).
Montolalu, M. (2013). The Impact of Service Quality and Price to Customer
Statisfaction and Customers Loyalty in Swiss-Bellhotel Maleosan Manado.
Jurnal EMBA, 1(4), 141–1497.
Noerani, I. A. (2016). Pengaruh Tingkat Kepercayaan, Kualitas Pelayanan dan Harga
Terhadap Kepuasan Pelanggan JNE Surabaya. Jurnal Ilmiah UB, 5(5).
Novindri, M. L., Sutarjo, & Hadya, A. (2021). Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap
Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel
Intervening di Mini Market Wirda Kota Padang. Jurnal Matua, 3(1).
Oliver. (2010). Satisfaction: A Behavioral Perpective on The Customer. NewYork"
McGraw-Hill.
Pasaribu, Y., Paramita, E. L., & Fevrianto, S. (2018). Price, Service Quality and Trust
on Online Tansportation Towards Customer Satisfaction. Jurnal Ekonomi Dan
Bisnis, 21(2), 240–264.
Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial.
Bandung: CV Pustaka Setia.
Prisanti, M. Della. (2017). Pengaruh E-Service Quality Dan E-Trust Terhadap ECustomer Satisfaction Serta Implikasinya Terhadap E-Customer Loyalty.
Journal of Business Studies, 2(1).
Purba, L., Halim, E. H., & Widayatsari, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan,
Kepercayaan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pasien Rawat Jalan di Poliklinik
Bedah Saraf RSUD dr. Doris Sylvanus Palangkaraya. Jurnal Ekonomi KIAT,
(2).
Putri, Y. L. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan
Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Persepsi Pada
Pelanggan Dian Comp Ambarawa). Journal of Economic & Business, Among
Makarti, 10(1).
Radiman, R., Wahyuni, S. F., Jufrizen, J., Muslih, M., Gultom, D. K., & Farisi, S.
(2018). Effect Of Marketing Mix, Service Quality, And University Image On
Student Loyalty. In Proceedings of the 1st International Conference on
Economics, Management, Accounting and Business, ICEMAB.
Rahayu, S. (2019). Kepuasan & Loyalitas Pelanggan Terhadap Obyek Wisata. Anugrah Jaya.
Ratnasari, R. T., & Aksa. H, M. (2011). Manajemen Pemasaran Kasa. Bogor: Ghalia
Indonesia.
Revita, A. (2016). E-satisfaction dan E-Trust Mempengaruhi E-Loyalty Konsumen
Wanita Dalam Sosial Media. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up
Bisnis, 1(4).
Rintasari, & Farida. (2020). Pengaruh e-Trust dan e-Service Quality Terhadap eLoyalty Melalui e-Satisfaction (Studi Pada Pengguna Situs e-Commerce C2C
Shopee di Kabupaten Sleman). JIAB-Jurnal Administrasi Bisnis, 9(4).
Ririn, A., Ratnasari, T., & Mastuti, H. (2011). Teori dan Kasus: Manajemen
Pemasaran Jasa. Bogor: Ghalia Indonesia.
Riza, S., & Sutopo. (2017). Analisis Pengaruh E-Service Quality, Kualitas Informasi
dan Persepsi Kemudahan Terhadap E-Loyalty Dengan E-Satisfaction Sebagai
Variabel Intervening (Studi Pada Pelanggan Lazada Indonesia). Diponegoro
Journal of Management, 6(4).
Rosalina, U., Tamamudin, & Mawaddah, E. V. (2021). Membangun Loyalitas Dengan
Kepercayaan dan Kualitas Layanan Melalui Kepuasan Pelanggan. JIEF –
Journal of Islamic Economics and Finance, 1(1), 1–11.
Santoso, J. B. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga
Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen (Studi Pada Konsumen Geprek
Bensu Rawamangun). Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(1).
Santouridis, Ilias, & Trivellas, P. (2010). Investigating The Impact Of Service Quality
And Customer Satisfaction on Customer Loyalty in Mobile Telephony in Greece.
The TQM Journal, 22(3), 330–343.
Sativa, A., & Astuti, S. R. T. (2016). Analisis Pengaruh E-trust dan E-service Quality
Terhadap E-Loyalty Dengan E-Satisfcation Sebagai Variabel Intervening (Studi
pada Pengguna E-Commerce C2C Tokopedia). Undergraduate Thesis,
Fakultas Ekonomika Dan Bisnis.
Sukmawati, I., & Massie, J. D. . (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dimediasi
Kepuasan Pelanggan dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas
Pelanggan Pada PT. Air Manado. Jurnal EMBA Riset Ekonomi, Manajemen,
Bisnis Dan Akuntansi, 3(3), 729–742.
Suprapti, S., & Suparmi. (2020). Membangun e-Loyality dan e-Satisfaction Melalui eService Quality Pengguna Goride Kota Semarang. JKBM (Jurnal Konsep Bisnis
Dan Manajemen), 6(2).
Tjiptono, F.. (2012). Strategi Pemasaran, Edisi ke-10. Yogyakarta: Andi Offset..
_________. (2016). Service Quality & Satisfaction. Yogyakarta Andi Offset.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2017). Service Quality & Satisfaction. Andi Offset.
Wahyudi, I. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas
Pelanggan Jasa Forwarding J & T Samarinda Utara. Prosiding Festival Riset
Ilmiah Manajemen & Akuntansi.
Widodo, S. & Yosepha, S. Y. (2022). E-Marketing: E-Loyalty Model, Study Kasus
pada Perusahaan Transportasi Online Gojek di Jakarta Timur. Jakarta: Anak
Nagari Minang.
Widowati, H. Y. (2016). Analisis Faktor Pembentuk e-Loyalty. AJIE - Asian Journal of
Innovation and Entrepreneurship, 1(2).
DOI: https://doi.org/10.35968/jimspc.v13i1.1145
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
TERINDEKS OLEH :